Operasi Yustisi Covid -19 Diwarnai Perlawanan Protes Dari Pelanggar

Saya bukan nggak pakai masker, saya pakai masker. Tapi saya tadi lagi telepon anak saya

KBRN, Jakarta: Polres Metro Jakarta Selatan bersama TNI, dan Satpol PP menggelar operasi yustisi covid - 19 di Jalan Taman Margasatwa Raya, Pasar Minggu, tepatnya di depan SMK Negri 57. Kamis (17/9/2020).

Pada operasi yang digelar  puluhan petugas dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP memantau para pengendara roda dua dan roda empat yang melintas. Setiap pengendara yang tidak memakai masker diberhentikan dan di arahkan masuk kehalaman SMK Negeri 57 untuk mendapatkan pembinaan dan sanksi sosial dan sanksi denda administrasi.

Dari pantauan RRI dilokasi tampak  ada beberapa pengendara yang protes dan adu argementasi dengan petugas karena tidak terima untuk diberi sanksi. Seorang pengendara wanita yang melanggar protokol kesehatan, diberhentikan karena tak mengenakan masker dengan benar. Petugas pun memberhentikan pengendara itu. Namun, ia menolak ketika akan ditindak.

"Saya bukan nggak pakai masker, saya pakai masker. Tapi saya tadi lagi telepon anak saya," kata pengendara tersebut.

Saat sedang menggunakan ponsel, wanita itu menurunkan maskernya dengan alasan agar suaranya terdengar. Wanita itu kemudian melampiaskan emosi kepada orang-orang di sekitarnya.

"Tolong ini ditindak juga dong semuanya, kan nggak jaga jarak. Nggak bisa begitu dong," ujar dia.

Petugas kemudian memintanya menunjukkan KTP untuk didata dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Namun, setelah menuliskan data diri, wanita tersebut justru mengambil kertas BAP dari tangan petugas.

Ia bahkan sempat mengadu kepada Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Choiron El Atiq dan bersikukuh tidak melakukan pelanggaran. Pada akhirnya, wanita tersebut hanya diberikan sosialisasi dan diizinkan melanjutkan kembali perjalanannya.

Sebelumnya, pada Rabu (16/9) juga sempat terjadi aksi perlawanan dari pelanggar pada Operasi Yustisi di jln Cipete Raya, Cilandak, Jakarta Selatan. Pelanggar yang merupakan seorang pria itu mengendarai motornya menggunakan masker tidak sempurna.

Ketika diberhentikan petugas, dia malah marah-marah dan adu mulut dengan petugas. 

"Saya tidak mau diberi sanksi apapun saya tidak salah, karena saya menggunakan masker kok, cuman maskernya melorot sehingga tidak menutupi hidung  saya", ujarnya kepada petugas. 

Aksi perlawanan tersebut menyebabkan petugas menjawab perlawanan pelanggar dengan ucapan keras . 

"Kamu melawan petugas ya !", bentak salah seorang petugas kepada pelanggar. 

"Sudah kamu pergi saja !",, bentak petugas dengan kencang. Pelanggarpun pergi melaju memacu kenderaan roda duanya.**

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00