KPU Kota Depok Rapid Test PPK dan PPS

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna sedang menjalani rapid test di Gedung Baleka II Depok

KBRN, Depok : Untuk menjamin keamanan dari penyebaran virus Corona saat tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Seluruh Jajaran KPU Kota Depok, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Depok mengikuti rapid test di Gedung Baleka II, Lantai 10, Jalan Raya Margonda, Kamis (2/7/2020).

"Iya betul hari ini ada 296 orang yang di rapid test, mulai dari seluruh staf dan komisioner KPU Kota Depok, PPK dan PPS untuk memastikan kesehatan sebelum memulai tahapan Coklit mulai 15 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020, nanti," kata Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna, kepada RRI di Kantor KPU Kota Depok.

Dikatakan Nana, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Surat Dinas KPU RI Nomor 488/PP.08.1-SD/02/KPU/VI/2020 tentang Pemenuhan APD Kegaiatan Tahapan Verifikasi Faktual dan Kegiatan Coklit Pemilihan Serentak 2020.

"Kami melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk dapat memfasilitasi. Alhamdulillah semua dapat berjalan dengan baik sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik pula," katanya.

Kegiatan rapid test ini juga merupakan gambaran bentuk kesiapan KPU Kota Depok dalam menyelenggarakan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok 2020, ditengah kondisi pandemik Covid-19. Sehingga harus dapat dilaksanakan dengan memenuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

"Prinsip dasar dari pelaksanaan pilkada dalam kondisi pandemi covid-19 adalah kita perlu memastikan keselamatan dan kesehatan baik penyelenggara, peserta dan pemilih. Tanpa mengabaikan kualitas demokrasi yang memang sudah menjadi ketentuan," ucapnya.

Sebagai informasi, KPU Kota Depok melalui PPK dan PPS saat ini sedang pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( PPDP) pada Pilkada serentak 2020. PPDB bertugas untuk melakukan pemutahiran data pemilih dalam rangka pilkada walikota dan wakil walikota depok 9 Desember 2020 mendatang. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00