KPU Jaksel Gelar  Sosialisasi PKPU Nomor 4

KBRN, Jakarta :  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) menggelar sosialisasi Peraturan  Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Sosialisasi itu dilangsungkan di aula kantor KPU Jakarta Selatan lantai 3 di Jalan Pangeran Antasari no. 53 Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022). 

Plt Wakil Walikota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho, turut hadir dalam acara itu. Ali mengatakan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan bersama Polres Metro Jakarta Selatan, dan Kodim 0504/Jakarta Selatan, mendukung kegiatan yang diselenggarakan KPU Jakarta Selatan, dalam menyosialisasikan PKPU Nomor 4 Tahun 2022. 

"Kita dukung, karena ini bagian dari tahapan yang harus dilalui semua  partai calon peserta pemilu 2024, dan harus dilaksanakan oleh KPU," ujarnya. 

Sementara Ketua KPU Jakarta Selatan Agus Sudono menambahkan, peserta sosialisasi adalah para pimpinan atau perwakilan partai politik calon peserta Pemilu tahun 2024 dan Stakeholder terkait. 

"Saat ini adalah momentum tahapan untuk pendaftaran di KPU RI, kemudian nanti KPU Kota akan mengawal terkait dengan verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual. Untuk itu kegiatan sosialisasiPKPU Nomor 4 Tahun 2022 ini kami laksanakan" tandasnya. 

Agus Sudono mengatakan, sesuai list undangan, sosialisasi   dihadiri perwakilan dari 25 partai politik calon peserta pemilu 2024. 

"Kalau kita lihat, saat ini di KPU RI sudah ada 42 calon partai politik peserta pemilu 2024 yang sudah mengisi Sipol. Maka diharapkan semua bisa hadir. KPU Kota Jakarta Selatan membuat undangan terbuka di media KPU Jakarta Selatan, supaya semua partai politik calon peserta pemilu bisa  hadir diacara sosialisasi yang dilaksanakan hari ini," jelasnya. 

Agus Sudono lebih lanjut menambahkan, pihaknya juga akan melaksanakan tahapan sosialisasi secara terus menerus.

Disamping itu, kata Agus juga kita menyampaikan kepada teman - teman di partai politik bahwa bukan hanya sekali ini aja dilaksankan sosialisasi secara resmi. Tapi KPU Jakarta Selatan membuka ruang setiap hari, siap memberikan pemahaman dan informasi semaksimal dan sedetail mungkin terkait dengan peraturan yang ada, sehingga di lapangan nanti tidak terjadi salah pengertian antara penyelenggara dan partai politik peserta Pemilu 2024. 

Agus Sudono berharap, semua tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik. 

"KPU tidak bisa bekerja sendirian, maka dari itu semua stakeholder harus aktif mengawal berjalannya  tahapan kegiatan pemilu ini," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar