Tak Hanya Ramah, Ini Aksi Heroik Satpam Bank

Pelaku perampokan bank diserta ancaman bom, diamankan petugas Satpam (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta : Dikenal ramah, murah senyum pada nasabah, Satpam bank berikut memiliki keberanian yang tak diragukan demi keamanan nasabah. 

Berikut ini Tiga Aksi Heroik Satpam bank: 

1. Menggagalkan upaya perampokan dengan ancaman bom rakitan di Bank BRI Unit Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, 23 Mei 2022

Tersangka mengancam akan meledakan bom jika permintaannya berupa uang Rp 30 juta, tidak dipenuhi pihak bank.

Dengan sigap, teller memanggil satpam. Satpam BRI di unit Leuwimunding, yang bertugas saat itu membekuk tersangka keluar dari bank.

Tersangka digiring menuju ke lapangan dengan tangan diborgol. Aksi berani tersebut menjadi tontonan warga di sekitar tempat kejadian.

Mendapatkan laporan, pihak Kepolisian datang bersama tim Gegana ke lokasi. Melucuti rangkaian kabel yang tampak seperti bom dari tubuh tersangka. Diketahui bom tersebut bom mainan.

2Satpam di Pematang Siantar Cegah Aksi Penipuan Terhadap Lansia di Galeri ATM, Januari 2022

Dua orang satpam BRI berhasil mencegah aksi penipuan terhadap seorang nasabah Lansia yang sedang melakukan transaksi pengambilan uang tunai di dalam galeri ATM di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Dalam mekanisme keamanan, mesin ATM secara otomatis meminta penggantian pin bila kartu tersebut lama tidak digunakan. 

Pelaku menawarkan bantuan proses ganti PIN kepada nasabah lansia yang sedang melakukan transaksi di mesin ATM

Pelaku lalu membantu mengganti PIN. Namun, dengan cepat dia juga melakukan penarikan tunai. Ketika ATM memproses uang, kartu akan keluar terlebih dahulu, baru kemudian uang tunai. Waktu singkat inilah yang menjadi celah pelaku menipu korban.

Ketika pelaku ingin melakukan aksinya kepada nasabah yang sedang melakukan transaksi, pelaku berhasil diamankan oleh Satpam BRI yang mengawasi gerak gerik pelaku yang mencurigakan. 

3. Satpam Bank Berhasil Tangkap WNA Pelaku Skimming di  Depok, Jawa Barat

Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Latvia berhasil diamankan Satpam BRI, lantaran diduga melakukan tindakan skimming, yakni tindak kriminal pencurian informasi kartu kredit/debit menggunakan alat khusus (Skimmer).

WNA tersebut dibekuk Kepolisian setelah mencoba mencuri informasi di salah satu kantor Bank BRI yang berada di kawasan Beji, Depok, Jawa Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar