Sudin LH Jaksel Tindak Pembakar Sampah Sembarangan di Kebagusan

KBRN, Jakarta: Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan, menindak pelaku usaha pengepul puing yang membakar sampah sehingga  menyebabkan pencemaran udara di Jalan Kebagusan Raya, Kelurahan ebagusan, Kecamatan Pasar Minggu. 

Kepala Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Selatan M Amin mengatakan, Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penaatan Hukum Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Selatan dan  Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, Bidang Penegakan Hukum, menemukan langsung kegiatan pembakaran sampah yang dilakukan Ahmad Ruslani pada 19 Mei lalu. Pelaku melanggar Perda Nomor 3 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah Pasal 130 ayat 1 b. 

"Pembakaran sampah memang dilarang, apalagi ada Perda yang mengatur kegiatan tersebut. Terlebih udara disekitar lokasi jadi tercemar," ujar Amin ketika dikonfirmasi, Rabu (25/5/2022). 

Merujuk pada Perda Nomor 3 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, pelaku usaha dikenakan sanksi administrasi, atau uang paksa pelanggar kebersihan sebesar Rp 500 ribu. Diketahui Ahmad sudah membayar langsung ke Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. 

"Karena melanggar dan ada payung hukumnya. Maka pelaku itu dikenakan uang paksa yang akan disetorkan ke dalam Pendapatan Denda atas Pelanggaran Peraturan Daerah. Yang bersangkutan juga sudah membayar disertai bukti pembayaran ke Dinas Lingkungan Hidup," ungkapnya. 

Terakhir Amin berharap warga tidak membakar sampah sembarang. Selain bisa mencemari udara nyatanya kegiatan tersebut merupakan tindakan pelanggaran yang bisa mendatangkan kerugian. 

"Semoga bisa menjadi pembelajaran bagi sesama. Poin nya sayangi lingkungan dengan membuang sampah ditempat yang sudah disediakan," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar