KNPI Gelar Dialog Kebangsaan di Kongres XVI

KBRN, Jakarta : Hari ke 4 penyelenggaraan Kongres XVI Pemuda/KNPI di Ternate menghadirkan rangkaian acara Dialog Kebangsaan dalam meneguhkan nilai-nilai kebangsaan pemuda Indonesia.

Pada penyelenggaraan Dialog Kebangsaan hadir sebagai narasumber Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, dan Waaster KASAD Brigjen TNI Mateus Jangkung Widyanto, di Ballroom Hotel Royal Ternate, Rabu (18/5/2022).

Dalam Dialog Kebangsaan tersebut, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menekankan pentingnya nilai sebagai pemimpin yang melayani.

"Jika tidak bisa berkeliling ke setiap wilayah untuk bertemu rakyat, maka layani setiap rakyat yang berkunjung ke kantor gubernur," ujarnya.

"Jika kepala dinas tidak melayani rakyat maka sama saja kepala dinas mengolok gubernur yang dipilih rakyat," tegas Abdul Gani Kasuba di hadapan ratusan peserta kongres.

Abdul Gani Kasuba yang dikenal alim di kalangan politisi, melanjutkan paparannya dengan cerita perbedaan sebagai pendakwah dan kepala daerah.

"Di saat saya menjadi ustadz maka saya hanya fokus dakwah agama Islam sebagai agama saya, tetapi pada saat saya menjadi gubernur, semua agama adalah rakyat saya," katanya.

Sementara, Waaster Kasad Brigjen TNI Mateus Jangkung menekankan pentingnya pemuda agar peduli dan cinta pada bangsanya, dengan peka terhadap situasi lingkungan sekitarnya.

"Kalau kita sudah jadi bagian dari NKRI, ayo kita bersama mengelola bangsa ini, bersama KNPI saya yakini menuju NKRI yang damai dan sejahtera," ucap Brigjen TNI Mateus Jangkung.

Mateus Jangkung yang merupakan Alumnus Akademi Militer 1989, menekankan pentingnya pemuda memiliki kepekaan terhadap lingkungannya.

"Laut yang begitu luas menjadi sarana bagi kejahatan untuk mencuri, di sini peran penting pemuda sebagai bagian masyarakat. Respon dan tindak aksi pencurian tersebut dengan melaporkan kepada aparat terdekat untuk mengatasi masalah tersebut," ungkapnya.

Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama yang mendampingi acara Dialog Kebangsaan tersebut mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada narasumber.

"Gubernur Maluku Utara dan Waaster Kasad sudah berikan wejangan kepada kita para pemuda, mari kita tingkatkan semangat persatuan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara dengan pro aktif berbuat yang terbaik untuk rakyat," pungkas Haris.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar