Embung Untuk Tanaman dan Ikan Nila

KBRN, Jakarta : Pembangunan embung yang dilakukan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian di Desa Klampokan Kecamatan Panji, Situbondo, Jawa Timur, benar-benar dimanfaatkan petani. Embung dimanfaatkan untuk mengairi tanaman organik juga budidaya ikan nila.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pembangunan embung adalah salah satu cara untuk mengelola air.

“Pertanian membutuhkan air, apalagi di masa musim kemarau. Air adalah salah satu faktor penting dalam upaya peningkatan hasil produksi pertanian,” tutur Mentan SYL, Minggu (20/9/2020).

Di Desa Klampokan, Kecamatan Panji Situbondo, sebelum adanya bantuan pembangunan embung ini, petani membiarkan begitu saja potensi aliran mata air yang ada.

Menurut Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy, kondisi ini yang coba dimaksimalkan Kementan.

“Air yang tidak dikelola dengan baik, juga tidak bisa memberikan manfaat yang baik untuk pertanian. Oleh karena itu, dengan pembangunan embung kita ingin memaksimalkan ketersediaan air,” tuturnya.

Oleh karena itu, Ketua Kelompok Tani Tirto Dimulyo III, Sahid, mengutarakan rasa terima kasihnya atas dibangunnya embung.embung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00