Hadapi Resesi Global, PMKRI Jakarta Pusat temui Direktur KSE ASEAN

KBRN, Jakarta: Menyoroti resesi Global dan perkembangan Masyarakat Ekonomi ASEAN di tengah pandemik Covid-19, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Jakarta Pusat melaksanakan diskusi daring dengan Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN Kementrian Luar Negeri, Berlianto P.H. Situngkir.

Dalam diskusi online yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom pada Senin, 10 Agustus 2020 tersebut, PMKRI Cabang Jakarta Pusat menyoroti beberapa poin penting, diantaranya : Pengaruh Pandemi Covid-19 dalam neraca Perdagangan Ekonomi ASEAN (ASEAN Ekonomic Community) dan peran MEA dalam menghadapi resesi Global yang telah berdampak nyata terhadap dua negara Aggota ASEAN yaitu Philliphina dan Singapura saat ini.

Selain itu, PMKRI juga mengajukan pertanyaan tentang eksodus TKI pasca pandemi dan ketegangan di Laut Cina Selatan.

 Sekarang ini solusinya cuma satu. Pemanfaatan secara maksimal teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang aktivitas ekonomi

Ketua Presidium PMKRI Cabang Jakarta Pusat, Darius Prawiro Deusritus dalam diskusi itu menanyakan. "Seberapa kuat pengaruh resesi global terhadap kerjasama ekonomi regional Asean hari ini. Kita tau bahwa di Negara Anggota Asean yaitu Singapura dan Filipina sudah jatuh ke dalam jurang resesi. Dari data yang ada, perekonomian Indonesia sendiri sudah minus 5% di kuartal II. Bagaima strategi yang dibuat untuk memproteksi Indonesia dari ancaman resesi?

Menjawab pertanyaan tersebut, Direktur Kerjasama Ekonomi Asean, Berlianto Situngkir menjelaskan bahwa situasi memang lumayan menyulitkan, tidak hanya untuk Indonesia tetapi juga untuk semua.

"Situasi ini memang berat bagi semua, tidak hanya bagi Indonesia. Dalam hal ekonomi, perdagangan barang dibatasi. Semua transaksi yang mengharuskan kontak fisik sebisa mungkin dikurangi". Ungkapnya.

Selanjutnya : Hadapi Resesi Global, PMKRI Jakarta Pusat temui Direktur KSE ASEAN

Halaman 1 dari 3

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00