Rayakan HUT RI, Biaya Transfer Antar Bank Cuma Rp77

KBRN, Jakarta : Dalam rangka menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Bank Indonesia (BI) memberikan diskon biaya transfer BI Fast antarbank dari dan ke BCA, BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN menjadi hanya Rp77.

Biasanya biaya transaksi BI Fast antarbank senilai Rp2.500, namun akan didiskon selama tiga hari. Promo tersebut berlaku dari BCA ke Bank Mandiri, BRI ke BNI mulai hari ini.

"Untuk memperluas akseptasi nasabah terhadap layanan BI-FAST secara berkesinambungan, lewat momentum HUT Kemerdekaan RI ke 77 pada Agustus 2022, yaitu dengan tarif promo transfer antarbank hanya Rp 77 saja," tulis akun Instagram Bank Indonesia, Selasa (16/8/2022).

Asisten Gubernur/Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Filianingsih, menyatakan bahwa jumlah peserta BI Fast 51 bank dan satu peserta nonbank.

Menurut dia, volume transaksi BI Fast hingga Juli 2022 mencapai 180,9 juta transaksi, dengan nilai transaksi Rp 622,1 triliun.

"Masuknya 51 bank dalam BI Fast sudah mewakili 80 persen transaksi retail di Indonesia. Mulai dari transaksi UMKM, hingga transaksi industri besar," ujar Filianingsih.

Dia menyebut biaya transfer BI Fast juga masih dimungkinkan untuk turun dari Rp2.500, jika pengguna BI Fast semakin bertambah.

"Jika volume dan nilai transaksi BI Fast meningkat, biaya transfer semakin berpotensi turun. Ada juga Bank yang sudah menggratiskan layanan BI Fast," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar