Pengemudi Ojol Apresiasi Penyesuaian Tarif Baru

Net_Ojol-6323.jpg

KBRN,Jakarta: Para pengemudi ojek online (ojol) di Jakarta menyambut positif keputusan pemerintah dalam hal ini melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait penyesuaian tarif jasa ojol di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan (KM) Nomor KP 564 Tahun 2022, tarif ojek online per tanggal 14 Agustus 2022 dibagi menjadi tiga zonasi yakni: Zona I meliputi: Sumatera dan Jawa dengan tarif batas bawah sebesar Rp1.850 per km dan untuk biaya jasa batas atas sebesar Rp2.300 per km.

Untuk zona II meliputi: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan tarif batas bawah Rp2.600 per km dan tarif batas atasnya Rp2.700 per km.

Sedangkan untuk Zona III meliputi: Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya, Maluku dan Papua dengan tarif batas bawah sebesar Rp2.100 per km dan tarif batas atasnya Rp2.600 per km.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati kepada wartawan di Jakarta mengatakan, kenaikan tarif ojek online itu hanya berlaku bagi jasa penumpang. Sementara, untuk layanan jasa pengiriman barang GoSend atau pemesanan makanan seperti GoFood dan GrabFood masih mengikuti aturan lama yakni dari Kementerian Komunikasi dan Informasi(Kemenkominfo).

“Kenaikan tarif hanya berlaku untuk jasa angkutan penumpang. Kalau pengiriman jasa barang dan makanan itu masuk ke aturan di Kemenkominfo,” kata Adita.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar