Hebitren Indonesia Dorong Kedaulatan Ekonomi Digital

Peresmian Kantor DPP Hebitren, di Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (22/5/2022).

KBRN, Jakarta: Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) Indonesia, mendorong terciptanya kedaulatan bisnis digital dikalangan pesantren. Hal ini sebagai bentuk dukungan para santri dan ulama, terhadap perekonomian nasional. Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal Hebitren Indonesia Reza Pahlevi Bakhtiar, saat meresmikan kantor DPP Hebitren, di Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (22/5/2022). 

Menurut Reza, pesantren saat ini bukan hanya sekedar lembaga untuk menimba ilmu agama, melainkan bagaimana para santri bisa belajar berbisnis sejak usia remaja. 

"Untuk bisnis ekonomi digital, Hebitren telah membuat aplikasi sistem pembayaran seperti OVO, DANA, dan sejenisnya. Tetapi saat ini aplikasi itu masih proses perizinan ke Bank Indonesia (BI). Aplikasinya kami beri nama 'Santri Pay'," kata Reza. 

Selain bisnis digital kata Reza, sebanyak 500 pesantren diseluruh Indonesia yang bergabung di dalam Hebitren juga memiliki banyak bisnis, dari sektor pertanian, perikanan, bahkan pengembangan energi terbarukan juga masuk garapan bisnis di pondok pesantren. 

Reza optimis, dengan pengembangan dan penguatan bisnis di ribuan pesantren yang ada di Indonesia bisa meningkatkan pendapatan negara. "Saya optimis bisnis di pondok pesantren bisa sumbang pajak domestik bruto (PDB) hingga 10 persen," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar