Hijaukan Wilayah Sekolah Dengan Pohon Anggur

KBRN, Jakarta:  Walikota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin didampingi Ketua TP PKK Jaksel Essie Feransie Munjirin, melakukan penanaman pohon anggur di SMPN 37 Jakarta, Jumat (14/1). 

Sebelum penanaman, Munjirin mengawali kegiatan Jumat Pagi dengan bersepeda bersama Komunitas Sepeda Indonesia (KSI) Jakarta Selatan, untuk menuju lokasi sekaligus memonitoring wilayah. 

Munjirin mengatakan, penanaman pohon anggur diisiasi oleh Komunitas Anggur Jakarta, yang bertujuan untuk penghijauan lahan terbuka di lingkungan sekolah.

"Ini pertama kali di lingkungan sekolah, selain untuk penghijauan di lingkungan sekolah, penanaman anggur ini kalau nanti berbuah itu nanti dapat dikonsumsi oleh pihak sekolah atau bisa diproduksi untuk dipasarkan," katanya. 

Munjirin berharap, kegiatan menanam anggur di lingkungan sekolah dapat diikuti oleh sekolah lain di Jakarta Selatan. Selain itu, dirinya pun memberikan apresiasi atas terjalinnya kolaborasi antara pihak sekolah dan Komunitas Anggur Jakarta. 

"Dalam membuat gerakan penghijauan baik di sekolah maupun di tempat-tempat lain," tandasnya. 

Sementara, Kepala Sekolah SMP Negeri 37 Jakarta, Deti Andriati mengatakan, kolaborasi ini mulai dilandasi sejak penanaman satu batang buah anggur saat awal pandemi Covid-19. 

"Jadi pada saat pandemi ternyata berhasilah berbuah. Salah satunya pohon anggur yang mereka tanam di sekolah. Akhirnya segera kolaborasi dengan Komunitas Anggur Jakarta Selatan," kata Deti. 

Deti berharap, Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi wadah edukasi bercocok tanam terhadap para peserta didik SMPN 37 Jakarta. Deti mengatakan, nantinya melalui kegiatan tanam dari komunitas dapat melatih para siswa memiliki kemampuan untuk membudidayakan buah-buahan khususnya anggur. 

"Mungkin tidak semua, paling tidak ada yang beberapa terampil. Pada saat sudah berhasil ada kegiatan misalnya memanggil orang tua kita bisa pameran. Untuk hari ini ada delapan paket berikut media dan potnya yang kita tanam," kata dia.**

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar