FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

PUDU Robot Melayani Perusahaan di Bandrol Rp 100 Jt

KBRN, Jakarta : Bisnis hospitality terutama restoran di berbagai negara mulai bersiap menyambut para tamu, demikian pula di Indonesia, para pengusaha melakukan inovasi pelayanan agar para tamu merasa aman, nyaman dan tentram paska menurunkan level PPKM.

Beberapa restoran melakukan peningkatan pelayanan dengan menggunakan teknologi canggih robot, salah satu fungsinya robot dipekerjakan untuk mengantarkan pesanan makanan dan minuman, selayak pramusaji. Penggunaan robot dimaksudkan untuk meminimalkan kontak langsung dengan para tamu juga memberi penyegaran dengan menyediakan nuansa dan pengalaman baru.

Teknologi robot sudah banyak diterapkan di industri manufaktur Indonesia seiring perjalanan memasuki era revolusi industri 4.0. Dalam penerapannya, robot tidak menggantikan peran manusia namun teknologi robot dapat membantu meringankan beban dan memudahkan proses pekerjaan manusia dan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

Melihat luasnya fitur teknologi robot yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat Indonesia, Salah satu perusahaan robot berteknologi canggih membuka showroom pertamanya di sini. 

Berkantor pusat di Shenzhen sejak 2016, hari ini PUDU Robot Indonesia membuka showroom pertamanya yakni PUDU ROBOT PIK FIT SHOWROOM di Jakarta. Robot-robot pintar jenis robot pelayan (server) akan ditampilkan di showroom, di antaranya yakni 

PuduBot - robot pengantar makanan yang sangat rajin dan efisien; 

BellaBot - robot pramusaji premium yang sangat cantik dan lincah; 

HolaBot - robot pengantar berkapasitas besar yang memiliki fitur pagering dan notifikasi; 

Puductor 2 - robot disinfektasi yang otomatis menjalankan tugas sterilisasi ruangan ; 

KettyBot - robot pemandu dan pengantar pesanan dengan layar untuk menampilkan iklan/menu; 

FlashBot – robot pengantar yang dapat mengakses lift untuk naik ke semua lantai di gedung 

"Jenis robot yang dikembangkan oleh PUDU Robot sangat mendukung industri hospitality  di Indonesia yang mulai bergairah kembali dan karena alasan tersebut kami hadir di sini,” ungkap Mr. Lucifer Zhao, Country Manager of PUDU Robot Indonesia. 

“Dengan adanya showroom ini diharapkan masyarakat dapat berinteraksi secara langsung dengan teknologi robot pintar. Robot tidak meniadakan peran manusia, justru dengan adanya robot, pekerjaan yang berat, kotor dan berbahaya dapat dengan mudah ditangani oleh robot,”  kata Calvin Lukmantara, CEO dari PT. PUDU Robot Indonesia.

Teknologi robot membuat pekerjaan manusia lebih ringan dan efisien. Kedepannya, PUDU Robot Indonesia akan terus berinovasi menghadirkan robot-robot canggih lainnya agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan sesuai perkembangan dan tuntutan gaya hidup masyarakat modern

PUDU Robot Indonesia telah mencapai total penjualan kumulatif hingga puluhan ribu unit di lebih dari 60 negara dan akan membuka lebih banyak showroom untuk mengembangkan pasar robotika di bidang jasa layanan komersial. Robot dari PUDU Robot Indonesia telah banyak digunakan di berbagai industri yakni restoran, hotel, supermarket, kantor pemerintahan, airport, stasiun kereta api berkecepatan tinggi, rumah sakit, dan katering. 

Pasar robotika mengalami lonjakan permintaan beberapa tahun ini akibat pandemi, terutama peningkatan permintaan robot untuk jasa layanan komersial. Menjawab tantangan tersebut, PUDURobot Indonesia menghadirkan rangkaian robot pintar untuk berbagai kebutuhan. PuduBot - robot pengantar makanan yang rajin dan super efisien. 

Terdiri dari tray yang bisa disesuaikan posisinya. Menggunakan teknologi Lidar untuk meningkatkan keakuratan agar terhindar dari rintangan. 

PuduBot memiliki teknologi VSLAM terbaru sehingga memberikan pemosisian yang tepat dan pengoperasian yang lebih stabil. BellaBot - robot pramusaji premium yang sangat cantik dan lincah. 

BellaBot termasuk robot keluaran terbaru dari PUDU Robot Indonesia dan memiliki kemampuan berinteraksi dengan manusia. BellaBot dilengkapi dengan teknologi navigasi laser SLAM dan visual SLAM sehingga dapat sangat mudah beradaptasi dalam berbagai situasi. 

HolaBot - robot pengantar berkapasitas besar (60 kg, 120 liter) yang memiliki fitur pagering dan notifikasi cocok digunakan untuk restoran, rumah sakit, pergudangan juga hotel. 

Puductor 2 - Puductor 2 merupakan robot desinfeksi yang otomatis menjalankan tugas sterilisasi ruangan, sehingga dapat meminimalkan kejadian kontaminasi silang. Robot ini dapat dioperasikan tanpa sentuhan, dan dapat men-desinfeksi maksimal 6 jam.

KettyBot - Robot pemandu dan pengantar pesanan dengan layar untuk menampilkan iklan/menu. KettyBot memiliki fitur voice interaction; automatic navigation planning yang membantu mendeteksi rintangan lebih akurat; serta memiliki sistem penjadwalan sehingga bisa berkomunikasi antar KettyBot pada jaringan yang sama.

FlashBot – Robot pengantar yang dapat mengakses lift untuk naik ke semua lantai di gedung tinggi. 

FlashBot dan lainnya telah menggunakan teknologi IoT dan metode SLAM sehingga robot bisa memetakan ruangan dan menghindari kejadian tabrakan.

Kedepannya, PUDU Robot Indonesia akan terus berinovasi menghadirkan robot canggih untuk memenuhi dan memperluas permintaan pasar global. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00