FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Di Pertemuan II SL IPDMIP, Petani Diajarkan Penyemaian Benih Padi Sawah

KBRN, Jakarta : Pengetahuan petani di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, terus ditingkatkan Kementerian Pertanian. Tepatnya melalui Sekolah Lapang IPDMIP di bawah koordinasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP). Pada pertemuan kedua Sekolah IPDMIP di Kabupaten Pasaman, Senin (21/6/2021), peserta mendapatkan materi mengenai penyemaian benih padi sawah.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, meminta peserta mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

"Serap ilmu yang diberikan dari kegiatan Sekolah Lapang IPDMIP agar bisa diterapkan di lahan pertanian masing-masing," tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengutarakan hal serupa.

"Program IPDMIP dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian. JIka produktivitas meningkat, pendapatan petani juga meningkat. Artinya kesejahteraan pun bisa lebih membaik," katanya.

Dedi Nursyamsi menjelaskan, peningkatan yang dilakukan IPDMIP adalah melalui peningkatan kualitas dan kapasitas SDM.

"Peningkatan SDM pertanian sangat dibutuhkan. Karena, faktor pengungkit utama dalam produktivitas pertanian adalah SDM. Jadi kalau ingin meningkatkan produktivitas, tingkatkan dulu kualitas SDM-nya," terang Dedi.  Sekolah Lapang Program IPDMIP di Kabupaten Pasaman, dilaksanakan di Daerah Irigasi (DI) Batang Petok, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti. Tepatnya di Kelompok Tani Sepakat Pd Petok.

Kegiatan ini diikuti 25 peserta, terdiri dari 18 peserta laki-laki dan 7 peserta perempuan. Sebagai pemandu adalah Wenni Yunita, dan Koordinator Ade Candra. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00