Kemenkominfo Gelar Webinar Strategi Pengembangan Bisnis Berbasis Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) menyelenggarakan webinar literasi "Strategi Jitu Pengembangan Bisnis Berbasis Media Digital, Sabtu (26/11/2022). (Foto: Siberkreasi)

KBRN, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) menyelenggarakan webinar literasi "Strategi Jitu Pengembangan Bisnis Berbasis Media Digital. Kegiatan webinar literasi digital untuk komunitas di wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya ini diselenggarakan, Sabtu (26/11/2022).

Para peserta mendapatkan sejumlah materi strategi pengembangan bisnis dari sejumlah narasumber. Narasumber yang mengisi webinar kali ini yaitu CE0 Paberik Soeara Rakjat dan Praktisi Literasi Digital, Pradipta Nugrahanto. 

Berikutnya Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia, Virna Lim; dan Relawan Mafindo Jakarta, Sukma Nurjagat. Dalam webinar ini, Virna mengatakan, dalam menunjang pengembangan bisnis pelaku usaha harus mengetahui dan memahami Lanskap (peta) digital.

"Memahami lanskap digital akan sangat membantu kita untuk mengoptimalkan potensi bisnis melalui digital platform. Dengan memahami dengan baik kita dapat mengetahui bagaimana cara yang paling tepat untuk dapat mengoptimalkan pengembangan bisnis," kata Virna.

Sementara sukma memperkaya pembahasan mengenai strategi jitu pengembangan bisnis berbasis media digital ditinjau dari perspektif etika digital. Selain cakap dalam mengoperasikan teknologi digital, pelaku bisnis juga perlu membekali diri dengan etika dalam bermedia digital (netiket). 

"Netiket merupakan tata krama dalam menggunakan internet begitu juga dalam melakukan pengembangan bisnis berbasis media digital. Perlu adanya tata krama agar menghindarkan bisnis dari UU ITE”, kata Sukma.

Selanjutnya narasumber Pradipta melengkapi pembahasan mengenai strategi jitu pengembangan bisnis berbasis media digital ditinjau dari perspektif keamanan digital. Menurutnya, untuk melengkapi kemampuan literasi digital dalam melakukan pengembangan bisnis, pemahaman terkait keamanan digital juga perlu dikuasai. 

"Hal ini bertujuan untuk melindungi aset digital bisnis kita seperti konten dan akun dari bahaya digital," kata Pradipta. Ia menyebut, beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengamankan aset digital bisnis.

"Pertama, gunakan password yang kuat. Kedua, aktifkan fitur keamanan tambahan," ujarnya.

"Ketiga, selalu gunakan watermark di setiap konten yang dibuat. Terakhir, selalu waspada dan kritis dengan semua informasi yang kita dapat di internet,” ucapnya.

Webinar ini merupakan bagian dari program "Indonesia Makin Cakap Digital 2022". Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui website: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id; Instagram: @literasidigitalkominfo; dan Facebook Page: Literasi Digital Kominfo. 

Informasi program juga dapat diakses melalui media sosial Siberkreasi di Instagram: @siberkreasi. Selain itu Facebook Page: Siberkreasi, Twitter: @SiBerkreasi, TikTok: @siberkreasi.id, dan Youtube: Siberkreasi.