Badai Musim Dingin, Texas Krisis Air

Foto: AP

KBRN, Jakarta: Jutaan orang di Texas, Amerika Serikat mengalami masalah dengan pasokan air usai cuaca dingin ekstrem melumpuhkan pembangkit listrik. 

"Mulai pukul enam sore hari Senin, lebih dari 1.200 sistem air publik telah melaporkan gangguan layanan karena cuaca, di antaranya mengarah ke pemberitahuan rebus air. Ini mempengaruhi lebih dari 7,9 juta orang, di 202 negara bagian Texas", ujar Juru Bicara Komisi Texas untuk Kualitas Lingkungan (TCEQ), seperti yang dikutip Reuters, Selasa (23/2/2021).

Sebanyak 147 Public Water System (sistem air publik) tidak beroperasi, padahal PWS itu melayani populasi lebih dari 33.000 orang.

Jutaan orang Texas disarankan merebus air sebelum digunakan, meski semua pembangkit listrik kembali beroperasi selama akhir pekan dan listrik kembali dipulihkan ke sebagian rumah saat cuaca berangsur normal.

Pejabat di Houston mengatakan air di kotanya aman digunakan tanpa direbus terlebih dahulu.

Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan bahwa air telah didistribusikan ke rumah-rumah warga.

Diketahui, Presiden Joe Biden telah mendeklarasikan status bencana besar di Texas pada Sabtu lalu. Dengan status itu, dana bantuan federal dapat disalurkan ke warga terdampak. Termasuk bantuan untuk perumahan sementara, perbaikan rumah dan pinjaman berbiaya rendah. (MDS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00