Disumpah, Biden Bawa Alkitab Keluarga dari 1893

Joe Biden diambil sumpah sebagai Presiden AS. (Foto: Ist)

KBRN, Washington: Joe Biden mengucapkan sumpah jabatan untuk menjadi presiden Amerika Serikat (AS) ke-46. Ada yang unik dalam pengambilan sumpahnya yakni alkitab yang dia pakai saat pelantikan. 

Dia disumpah oleh Kepala Mahkamah Agung John Robert. Ketika Joe Biden dilantik sebagai presiden ke-46, tangannya diletakkan di atas Alkitab milik keluarga Biden.

Alkitab itu tebalnya lima inci, dengan tanda salib Celtic di sampulnya, dan telah menjadi bagian dari keluarga Biden sejak 1893.

Biden menggunakan Alkitab setiap kali dia mengambil sumpah sebagai wakil presiden dan untuk masing-masing dari tujuh sumpah Senatnya, mulai tahun 1973. 

Alkitab digunakan saat sumpahnya sebagai Wakil Presiden pada 2009 dan 2013.

“Pada 2009, sumpah terakhir Biden di Senat ditunda karena Alkitab tidak dapat ditemukan,” ungkap laporan Wilmington News Journal. 

Beau Biden, putra Biden yang meninggal pada 2015, juga menggunakan Alkitab ketika dia dilantik sebagai Jaksa Agung Delaware pada 2007.

Sebelum Biden diambil sumpahnya, Kamala Harris telah diambil sumpahnya terlebih dulu. 

Harris pun menjadi wanita pertama, kulit hitam pertama dan keturunan Asia Selatan pertama yang menjadi wakil presiden AS. 

Harris diambil sumpahnya oleh Hakim Mahkamah Agung Sonia Sotomayor.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00