FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kedubes RI Panama Pertanyakan Vaksin bagi WNA

(Ilustrasi)

KBRN, Jakarta: Pemerintah Indonesia di Republik Panama masih berupaya meminta konfirmasi kepada pemerintah setempat terkait pemberian vaksin Covid-19 gratis yang direncanakan, menyusul rencana kedatangan sekitar 1 juta dosis vaksin ke negara tersebut di bulan ini.

Pemerintah Indonesia yang diwakili Duta Besar RI untuk Republik Panama Sukmo Harsono mengatakan tahap-tahap pemberian vaksin gratis yang direncanakan Panama tidak secara spesifik memuat tahapan pemberian vaksin Covid-19 kepada warga negara asing.

Menurut Sukmo, pihaknya tengah berupaya mendapatkan konfirmasi apakah para WNA yang ada di negara tersebut termasuk dalam prioritas pemberian vaksin.

"Kalau tidak, maka kami akan melakukan langkah-langkah melaporkan ke Jakarta, bagaimana bentuk perlindungan kita terhadap WNI kita yang ada di Panama khususnya, termasuk yang ada di wilayah akreditasi kami, yaitu Costarica, Nikaragua, dan Honduras," kata Sukmo kepada RRI, Minggu (17/1/2021)

Menurutnya, WNi aktif yang berada di Panama sektar 98 orang. Namun, selain yang menetap, pihak kedubes juga mengkhawatirkan posisi para anak buah kapal berkewarganegaraan Indonesia yang singgah di negara ini yang rentan tertular Covid-19. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00