Kasus Corona Harian Tertinggi AS Lebih 75.000

Petugas kebersihan Gedung Putih menyemprot ruang pengarahan media pada sore Presiden AS Donald Trump kembali dari Walter Reed Medical Center setelah terinfeksi virus corona (COVID-19), di Washington, Amerika Serikat. (ANTARA)

KBRN, Washington DC: Kasus virus corona di seluruh Amerika Serikat melampaui 75.000 kasus baru pada hari Jumat (23/10/2020), tidak lama setelah Ahli Bedah Umum AS Dr. Jerome Adams memperingatkan ini bisa menjadi minggu terburuk sejak pandemi dimulai.

Hitungan kasus harian pada hari Jumat mencapai 75.056, menurut data dari Universitas Johns Hopkins. 

Ini adalah jumlah kasus tertinggi kedua yang dilaporkan dalam satu hari sejak pandemi dimulai. Hari infeksi baru tertinggi terjadi pada 16 Juli dengan 77.362 kasus.

"Minggu ini, kami mungkin akan memiliki jumlah kasus tertinggi yang pernah kami jumpai untuk harian di Amerika Serikat," kata Adams sebelumnya pada hari Jumat di Meridian Global Leadership Summit on Global Health Diplomacy, seperti dikutip dari CNN, Sabtu (24/10/2020).

Angka kasus Jumat melanjutkan tren hari Kamis ketika AS melaporkan lebih dari 70.000 infeksi baru. Tiga puluh dua negara bagian telah melaporkan peningkatan infeksi Covid-19, menurut data dari Johns Hopkins.

Adams memperingatkan bahwa rawat inap mulai meningkat di 75% yurisdiksi di seluruh negeri dan para pejabat khawatir bahwa dalam beberapa minggu, jumlah kematian juga akan mulai meningkat.

Kabar baiknya, kata Adams, tingkat kematian di negara itu telah menurun sekitar 85% berkat berbagai faktor, termasuk penggunaan remdesivir, steroid, dan penatalaksanaan pasien Covid-19 yang lebih baik.

Lebih dari 41.000 orang dirawat di rumah sakit di seluruh negeri, menurut Proyek Pelacakan Covid (CTP). Ini adalah tingkat rawat inap nasional tertinggi sejak 20 Agustus.

Jumlah orang yang dirawat di rumah sakit telah meningkat 33% sejak awal Oktober, kata CTP.

Jumlah kematian juga meningkat, dengan 856 pada hari Kamis, menurut Johns Hopkins. Rata-rata kematian dalam 7 hari terus meningkat hingga 763. ini adalah tingkat tertinggi dari rata-rata kematian mingguan dalam sebulan.

Dalam laporan gugus tugas virus corona Gedung Putih, para pejabat mengatakan ada "tanda-tanda awal kemerosotan di Sabuk Matahari dan kemerosotan yang berlanjut di Midwest dan di seluruh Amerika Utara." 

Dan lebih banyak pemimpin negara bagian telah membunyikan alarm tentang meningkatnya infeksi, rawat inap dan kematian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00