Pesawat Militer Ukraina Jatuh, Tewaskan 22 Orang

Foto: (Kharkiv Regional State Administration via AP)

KBRN, Jakarta: Sedikitnya 22 orang tewas saat pesawat militer mengangkut puluhan taruna Angkatan Udara jatuh dan terbakar di dekat jalan raya di wilayah Ukraina bagian timur laut, Jumat (25/9/2020) malam waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (26/9/2020), pesawat militer jenis Antonov An-26 itu jatuh saat hendak melakukan pendaratan. Kecelakaan ini terjadi saat pesawat sedang menjalankan misi latihan para taruna.

"Komisi negara sedang dibentuk untuk mengidentifikasi seluruh situasi dan penyebab dari bencana ini. Upaya pencarian dan penyelamatan berlanjut di lokasi," demikian pernyataan kantor Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Kecelakaan hanya berjarak 2 kilometer dari bandara militer setempat. Dinas Darurat Ukraina menyebut ada 27 orang di dalam pesawat militer itu. Para taruna di dalam pesawat itu berasal dari Universitas Angkatan Udara Kharkiv, yang dikelola oleh Kementerian Pertahanan Ukraina.

Staf Umum Angkatan Bersenjata, Ruslan Khomchak, dalam pernyataannya menyebut dua orang lainnya dalam kondisi kritis akibat kecelakaan ini.

Penyelidikan tengah dilakukan untuk mencari tahu penyebab jatuhnya pesawat militer ini.

Gubernur Kharkiv, Oleksiy Kucher, menyatakan bahwa satu pilot melaporkan ada kegagalan mesin sebelah kiri. Pesawat ini diketahui bermesin ganda. Namun ditambahkan oleh Kucher bahwa situasi ini tidak menjadi situasi kritis bagi pilot berpengalaman.

Mengutip informasi awal, Kucher menyatakan bahwa beberapa orang di dalam pesawat mampu melompat keluar saat pesawat terbang rendah sebelum terjatuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00