Kim Jong-un Akhirnya Minta Maaf ke Korsel

Kim Jong-un (ANTARA)

KBRN, Seoul: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengeluarkan pernyataan permintaan maaf kepada Korea Selatan pada hari Jumat (25/9/2020) atas pembunuhan seorang pejabat perikanan Korea Selatan.

Permintaan maaf ini cukup mengejutkan setelah sepanjang pagi tidak ada tanda-tanda kemungkinan munculnya permintaan maaf dari media utama Korea Utara dan dianggap sebagai hal terakhir yang dilakukan negara totaliter yang kepemimpinannya dihormati sebagai setengah dewa.

Permintaan maaf Korea Utara itu juga datang dengan sangat cepat, hanya sehari setelah Korea Selatan mengutuk pembunuhan itu dan menuntut Korea Utara meminta maaf, sebuah langkah yang menunjukkan bahwa Pyongyang tidak ingin memperburuk ketegangan antar-Korea, seperti dilansir dari Yonhap News Agency.

Dalam pemberitahuan resmi yang dikirim ke Korea Selatan, Korea Utara menyampaikan pesan Kim bahwa dia merasa "sangat menyesal" karena "mengecewakan" Presiden Moon Jae-in dan warga Korea Selatan lainnya sehubungan dengan kasus tersebut, menurut Suh Hoon, Direktur Keamanan Nasional di Cheong Wa Dae Korea Selatan.

Permintaan maaf resmi Kim ini diperkirakan mencerminkan pesannya kepada Korea Selatan bahwa Korea Utara tidak ingin meningkatkan ketegangan lebih lanjut dan memperburuk hubungan antar-Korea.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00