Transmisi Corona di Eropa Mengkhawatirkan

Dr Hans Kluge (Sky News)

KBRN, Swiss: Penularan virus corona di Eropa kembali ke "tingkat yang mengkhawatirkan" bulan ini dan peningkatan besar kasus adalah "seruan untuk bangun", kata seorang pejabat tinggi di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tercatat lebih dari 300.000 infeksi baru yang dikonfirmasi di benua itu pada minggu lalu, dan lebih dari setengah negara-negaranya melaporkan peningkatan kasus lebih dari 10% selama dua minggu terakhir.

Dr Hans Kluge, direktur regional WHO untuk Eropa, mengatakan, "Kami menghadapi situasi yang sangat serius yang sedang terjadi di hadapan kami."

"Kasus mingguan sekarang telah melebihi yang dilaporkan ketika pandemi pertama kali memuncak di Eropa pada Maret."

Statistik seperti itu seharusnya menjadi "peringatan bagi kita semua", kata Dr Kluge, seperti dikutip dari Sky News, Jumat (18/9/2020).

Dia mengatakan proporsi kasus terbesar tetap orang dewasa berusia 25-49 tahun, tetapi juga menunjukkan peningkatan infeksi virus corona di antara kelompok usia yang lebih tua, yang cenderung lebih rentan terhadap penyakit tersebut.

"Pandemi ini telah mengambil banyak hal dari kami di Eropa: 4.893.614 kasus COVID-19 telah dicatat dan 226.524 kematian."

Prancis telah melaporkan rekor 10.593 kasus baru yang dikonfirmasi dalam 24 jam terakhir - dan rata-rata tujuh hari telah meningkat ke level tertinggi hampir 8.800.

Spanyol melaporkan 239 lebih kematian akibat virus corona pada hari Rabu, angka kematian tertinggi selama gelombang kedua krisis di negara itu.

Spanyol juga melaporkan 4.728 infeksi harian baru, termasuk 1.854 di Madrid.

Wilayah Madrid berencana mengumumkan pembatasan pergerakan pada hari Jumat yang dapat mencakup penguncian yang ditargetkan di hotspot virus, kata seorang pejabat senior.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00