Tiongkok-ASEAN Target Selesaikan CoC di LCS

Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN, Deng Xijun (Dok. RRI)

KBRN, Jakarta: Tiongkok optimis dapat mencapai target penyelesaian pembahasan Kode Etik (CoC) di Laut China Selatan (LCS) bersama negara-negara ASEAN.

Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN, Deng Xijun menyebut Tiongkok memiliki target yang sama seperti ASEAN, yaitu untuk segera menyelesaikan pembahasan Kode Etik (CoC) di Laut China Selatan.

“Tiongkok dan negara-negara ASEAN tidak hanya menghormati Perilaku Para Pihak di Laut Cina Selatan (DOC), tetapi juga mempercepat dan memajukan konsultasi tentang Kode Etik (CoC) yang lebih mengikat untuk bersama-sama menjaga perdamaian, stabilitas dan kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan,” ujar Xijun dalam press briefing daring, Rabu (15/7/2020).

Xijun menyebut konsultasi hingga tahap kedua pembacaan teks CoC berjalan lancar, meski harus tertunda karena adanya pandemi COVID-19.

“Meskipun, pandemi telah membuat konsultasi CoC terputus, Tiongkok dan negara-negara ASEAN telah sepakat untuk menyimpulkan CoC pada tanggal yang lebih awal, sebuah tujuan penuh percaya diri dan bertekad untuk dicapai,” imbuhnya.

Menurut Xijun komitmen Tiongkok untuk wilayah Laut China Selatan juga diwujudkan dengan penjajakan berbagai kerja sama baru maritim.

“Kami juga akan menjajaki cara-cara baru kerja sama maritim untuk menjaga perdamaian dan stabilitas serta mendorong pembangunan dan kemakmuran di wilayah Laut Cina Selatan,” terang Xijun lagi.

Dirinya mengklaim, hubungan antara Tiongkok dan ASEAN semakin kuat selama terjadinya pandemi COVID-19.

“Hubungan antara Tiongkok dan anggota ASEAN telah semakin diperkuat dan ditingkatkan dalam kerja sama kami melawan COVID-19,” pungkasnya.

Sementara, sejumlah rencana terpaksa ditunda akibat adanya pandemi COVID-19, seperti pertemuan pembahasan tahap kedua pembacaan teks di Brunei Darussalam pada Februari dan di Filipina pada Mei 2020.

Termasuk, pertemuan di Indonesia untuk perundingan tersebut pada Agustus mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00