206 ABK WNI Berhasil Direpatriasi ke Indonesia

WNI ABK dari Kapal Pesiar Cruise and Maritime Voyage (CMV) yang berhasil direpatriasi (Dok. KBRI London)

KBRN, London: Sebanyak 206 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di kapal pesiar Cruise and Maritime Voyage (CMV), berhasil direpatriasi kembali ke tanah air.

Dalam keterangan resminya Jumat (3/7/2020), repatriasi yang dilakukan oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) London itu berlangsung Kamis (2/7/2020).

Ratusan ABK WNI tersebut pulang dengan menggunakan charter flight dari bandara Heathrow, London, ke Denpasar melalui Bandar Seri Begawan dan tiba di tanah air pada Jumat (3/7/2020), pukul 13.00 WITA, di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Kuasa Usaha Ad Interm (KUAI) KBRI London, Adam M. Tugio dari London, menyebut repatriasi kepada 206 ABK WNI itu merupakan gelombang pertama dari dua gelombang pemulangan yang direncanakan.

206 ABK WNI saat proses repatriasi (Dok. KBRI London)

“Keberhasilan pemulangan ini tidak terlepas dari upaya keras KBRI London sejak awal kapal pesiar pertama group CMV tiba di Tilbury dan Bristol, Inggris pada Maret 2020 di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Adam.

Dikatakan Adam bahwa selama mengupayakan pemulangan, pihaknya terus memantau dan memastikan kondisi para ABK PMI dalam keadaan yang baik.

“KBRI London juga memberikan dukungan, baik dorongan secara moril maupun bantuan logistik kepada para ABK. Pada saat yang sama dengan pemberian dukungan tersebut, KBRI London terus melakukan berbagai upaya negosiasi secara intensif dengan pihak manajemen kapal. Upaya ini bertujuan untuk memastikan proses repatriasi dan pemenuhan hak-hak para ABK,” imbuhnya.

Proses pemulangan 206 ABK WNI melalui Denpasar, Bali (Dok. KBRI London)

Selain, Adam juga memastikan koordinasi dengan berbagai otoritas terkait baik di Inggris maupun di tanah air juga dikedepankan.

“Kami terus menjalin komunikasi dan langkah-langkah koordinasi dengan International Transport Federation (ITF), International Maritime Organization (IMO) Seafarers Centre, dan otoritas terkait Pemerintah Inggris untuk mendorong proses pemulangan,” pungkas Adam.

Sementara, saat ini KBRI London tengah mengupayakan pemulangan gelombang kedua para ABK PMI yang berada di kapal Vasco da Gamma, Colombus dan Astoria milik perusahaan CMV.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00