Perdana, Erdogan Kunjungi Qatar di Tengah Pandemi

Pertemuan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dengan Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani di Qatar, 2 Juli 2020 lalu (Dok. Istimewa)

KBRN, Doha: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, merupakan pemimpin negara yang melakukan kunjungan perdana ke luar negeri di tengah pandemi COVID-19.

Kunjungan itu dilakukan Erdogan ke Qatar, untuk bertemu dengan Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, dilakukannya pada Kamis (2/7/2020).

Kedua Pemimpin Negara itu bertukar pandangan terkait berbagai permasalahan di kawasan dan internasional, sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Komunikasi Turki melalui pernyataan resmi dikutip dari Aljazeera.

Berbagai sumber di wilayah Teluk kepada The Arab Weekly menyebutkan, kunjungan Erdogan ke Qatar untuk menekan negara itu membiayai kampanye militernya di Suriah dan Libya, serta unjuk kekuatan militer yang dilakukannya di Laut Mediterania.

Turki dan Qatar memiliki hubungan yang kuat, terutama sejak terjadinya krisis di wilayah Teluk pada 5 Juni 2017. 

Sejak itu, sejumlah negara seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain, melakukan blokade dan memutus hubungan diplomatik bersama Qatar.

Turki merupakan negara yang memberikan bantuan kepada Qatar, dengan mengirimkan pasokan kebutuhan pangan pokok dalam 48 jam sejak dimulainya blokade.

Sementara itu, dalam kunjungan singkatnya ke Doha, Erdogan turut didampingi Menteri Keuangan Berat Albayrak, Menteri Pertahanan Hulusi Akar dan Direktur Komunikasi Fahrettin Altun, Juru Bicara Presiden Ibrahim Kalin dan Kepala Organisasi Intelijen Nasional Hakan Fidan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00