Selidiki Penyebab Covid-19, Tim WHO ke China

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: Reuters)

KBRN, Jakarta: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengirim tim ke China untuk mencari tau penyebab penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19.

"Kita dapat memerangi virus dengan lebih baik, saat kita mulai mengetahui segala sesuatu tentang virus tersebut, termasuk bagaimana penyebaran virus itu dimulai," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip dari AFP, Selasa (30/6/2020).

WHO berencana mengirim tim tersebut pada pekan depan. Tedros menyatakan penyebab dicarinya alasan karena pandemi corona saat ini masih mewabah dan tidak tau kapan akan selesai. Bahkan, WHO juga memberi warning kepada seluruh dunia soal peningkatan perpecahan global akibat corona.

Saaat ini, virus corona itu sudah menginfeksi lebih dari 6 juta orang di dunia. WHO sebenarnya sudah mendesak China sejak awal Mei untuk mengundang para ahli guna membantu menyelidiki awal mula virus corona di negaranya.

"Karenanya, kami akan mengirimkan tim minggu depan ke China. Kami berharap tim nantinya bisa mendapatkan gambaran mengenai soal bagaimana awal mula virus tersebut menjangkit," kata Tedros.

Namun, Tedeos tidak merinci susunan tim yang akan dikirim ke China. Yang pasti ia mengaku berharap wabah ini harus segera berakhir agar kehidupan dapat terus berlanjut.

"Kami semua ingin ini berakhir. Kami semua ingin melanjutkan hidup kita. Tetapi kenyataannya, sulit, bahkan belum dekat untuk berakhir karena secara global pandemi ini sebenarnya sedang meningkat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00