Wisatawan AS Diblokade Masuk Uni Eropa

Lintas tali tinggi di Kastil Trosky, salah satu wisata di kota Turnov, Republik Ceko. Uni Eropa Membuka Wacana Melarang Wisatwan AS ke Uni Eropa, terkait infeksi Covid-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/David W Cerny /WSJ/djo)

KBRN, Jakarta: Tingginya tingkat infeksi Covid-19 di Amerika Serikat, Uni Eropa membuka wacana larangan wisatawan Amerika Serikat masuk ke wilayahnya.

Keputusan wacana itu dibuat pekan ini atas kesepakatan 27 negara anggota Uni Eropa, yang menggkoordinasikan upaya pelonggaran pembatasan.

Memang dalam wacana tersebut, belum ada syarat boleh atau tidaknya wisatawan untuk berkunjung, namun pada bagian pembahasan, tingkat infeksi menjadi barometernya.

Dimana larangan jika tingkat infeksi yang di negara itu lebih tinggi dibandingkan Uni Eropa. Pemberlakuan itu juga berlaku bagi wisatwan negara terpapara Covid-19 lainnya.

Yang diizinkan masuk hanya wisatawan dari negara yang tingkat infeksinya sama atau lebih rendah dari negara-negara di Uni Eropa.

Seperti dikutip dari video CNN, seorang diplomat Uni Eropa mengatakan, keputusan itu bukan hanya terkait negosiasi, namun terkait ilmu pengetahuan, kesehatan, angka-angka, dan data. Keputusanpun bukan terkait keputusan politik.

"Peluang AS mendekati nol, dengan tingkat infeksi mereka, bahkan mereka tidak mempercayai kemungkinan itu," kata diploma tersebut. 

Sementara itu Kementerian Luar Negeri AS menghargai transparansi Eropa tersebut, namun masih berharap hal itu dapat dikoordinasikan lagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00