Di Tengah Pandemi, 3.955 ABK WNI Dipulangkan dari Houston

KBRN, Houston : Pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) di sejumlah negara di tengah pandemi COVID-19 turut menjadi fokus pemerintah melalui Perwakilan RI. WNI yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) misalnya, menjadi salah satu fokus kelompok yang difasilitasi kepulangannya ke tanah air. Seperti, yang difasilitasi oleh Konsulat Jenderal RI (KJRI) Houston.

KJRI Houston membawahi wilayah-wilayah pesisir selatan Amerika Serikat termasuk Florida. Pelabuhan Miami, Florida, sering disebut sebagai “Cruise Capital of The World”. 

"US Center for Disease Control and Prevention", menghentikan operasi kapal pesiar sejak 14 Maret 2020 karena kapal pesiar dianggap sebagai inkubasi ideal corona virus. Akibatnya, kapal-kapal yang sebelumnya berlabuh di perairan Karibia dan Amerika Serikat harus merapat ke pelabuhan Miami dan sekitarnya.

Dalam waktu singkat industri pariwisata kapal pesiar yang berhenti total menyebabkan, ribuan kru kapal harus dipulangkan ke negara masing-masing. Diantaranya, adalah ribuan WNI yang bekerja di puluhan kapal pesiar yang berada di Amerika Serikat.

Dalam keterangan resmi, Rabu (3/6/2020), KJRI Houston menyebut sejak bulan Maret 2020, telah memfasilitasi pemulangan 3.955 orang ABK WNI dari Amerika Serikat. Para pahlawan devisa ini sebelumnya bekerja dari 22 kapal Carnival Cruise Line yang bersandar di kota-kota seperti Miami, Florida; Fort Lauderdale, Florida, Port Everglades, Florida, New Orleans, Louisiana san Galveston, Texas. 

Pemulangan para pekerja migran ini dilakukan secara bertahap dengan biaya penuh dari perusahaan dengan menggunakan pesawat komersial, pesawat charter dan kapal laut. Selain bantuan fasiltiasi repatriasi ke Indonesia, KJRI Houston juga memberi bantuan logistik bagi ABK yang menjalani karantina mandiri di kota Houston. 

Konsul Jenderal RI Houston, Dr. Nana Yuliana menjelaskan, tugas KJRI Houston adalah memastikan bahwa ABK WNI bisa pulang dengan selamat namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

"Tanggung jawab pemerintah tidak hanya melindungi kru Indonesia tapi juga keluarga mereka di tanah air," ujar Nana.

Meskipun pemulangan dari Amerika Serikat berhenti pada 15 April 2020, Koordinator Tim Repatriasi ABK KJRI Houston, Dian Ardhini Hapsari, terus memelihara komunikasi dan hubungan baik dengan ABK WNI dan perusahaan kapal pesiar. Perwakilan yang terletak di negara bagian Texas ini turut mengawal proses pemulangan lanjutan. 

Carnival Cruise Line telah menyiapkan 3 buah mother ships untuk memulangkan ABK WNI lainnya ke Indonesia melalui jalur laut, yaitu Carnival Panorama, Carnival Conquest dan Carnival Dream. ABK dari Carnival Panorama telah tiba dengan selamat di tanah air pada 30 Mei 2020. 

Sedangkan, ABK yang saat ini berada di Carnival Conquest dan Carnival Dream masih dalam perjalanan menuju ke Indonesia dan diperkirakan akan tiba di tanah air pada pertengahan Juni 2020. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00