Antisipasi Topan Nisarga, India Evakuasi 100 Ribu Orang

Pasien covid-19 dipindahkan dari rumah sakit darurat di Mumbai menjelang topan besar (Foto: Ashish Vaishnav / Gambar SOPA / REX / Shutterstock).

KBRN, Jakarta: Badai topan nisarga diperkirakan akan kembali menghantam pantai barat India, Mumbai. Badai ini pertama kali mengancam Mumbai setelah lebih dari 70 tahun.

Dilansir dari The Guardian pada Rabu (3/6/2020) setidaknya sebanyak 100.000 orang termasuk pasien corona dipindahkan ke tempat yang aman sebelum badai itu terjadi.

Pihak India juga mengevakuasi sekitar 150 pasien corona dari rumah sakit lapangan ke fasilitas yang lebih mumpuni yakni dengan rumah sakit dengan beratap beton.

Menteri Besar Negara Bagian Maharashtra, Uddhav Thackeray mengatakan bahwa orang-orang yang tinggal di di dekat pantai dipindahkan ke tempat-tempat yang lebih aman.

"Penduduk yang tinggal di daerah dataran rendah telah diinstruksikan untuk mengungsi," katanya.

Kemudian di distrik Palghar, Maharashtra, lebih dari 21.000 penduduk desa sedang dievakuasi.

Mengutip Reuters, Departemen Metereologi India (IMD) menyebut bahwa topan nisarga ini bisa menghantam wilayah yang berada di Maharashtra Utara dan Pantai Gujarat Selatan. Badai tersebut akan muncul dengan hembusan angin sekitar 120 km per jam.

Kota Mumbai sendiri jarang menghadapi terjangan angin topan. Badai besar terakhir melanda Mumbai pada tahun 1948 dan menewaskan 12 orang serta lebih dari 100 orang terluka.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00