Protes Floyd di Chicago Renggut 2 Nyawa

Aksi protes kematian Floyd di Chicago (Foto: Chris Dilts/Xinhua).

KBRN, Jakarta: Dua orang ditembak mati dan sekitar 60 orang ditangkap ketika protes atas pembunuhan polisi terhadap George Floyd di kota Cicero, Chicago, Amerika Serikat (AS) berlangsung.

Dilansir dari Xinhua pada Rabu (3/6/2020) protes dan penjarahan menyebar ke utara, barat dan selatan Chicago ketika Walikota Chicago Lori Lightfoot mengunci Distrik Pusat Bisnis. 

Gubernur Illinois J.B. Pritzker mengumumkan pada hari Senin bahwa ia sedang mengerahkan 250 pasukan Garda Nasional Illinois dan 300 anggota Kepolisian Negara Bagian Illinois untuk membantu memperkuat departemen kepolisian pinggiran dan negara.

Sementara dilansir dari media lokal Chicago, Juru Bicara Ray Hanania mengatakan bahwa aksi ini ditunggangi dari pihak luar.

"Ini adalah agitator luar yang mengemudi melalui Cicero yang berusaha menimbulkan masalah. Para agitator luar menembak setidaknya dua orang di dekat 50 dan Cermak Road, tetapi Polisi menangkap ketiga tersangka yang terlibat dalam penembakan itu," jelasnya.

Hanania mengatakan para tersangka adalah penjarah yang bukan penduduk Cicero. Tetapi ia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang penembakan yang terjadi pada aksi itu.

Pritzker juga telah mengaktifkan 375 anggota penjaga untuk Chicago selama akhir pekan atas permintaan Lightfoot.

Jam malam yang diberlakukan Lightfoot di Chicago mulai jam 9 malam sampai 6 pagi akan tetap berlaku karena aksi unjuk rasa masih terus dilakukan oleh masyarakat. (Foto: Xinhua/ Chris Dilts)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00