AS Putus Hubungan WHO, China: Tindakan Egois

Presiden AS Donald Trump saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping beberapa waktu lalu. (Brendan Smialowski / AFP)

KBRN, Jakarta: China secara terang-terangan menyebut bahwa Amerika Serikat (AS) egois karena AS telah memutuskan hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Mengutip newsweek.com pada Selasa (2/6/2020) Jubir Kemenlu China Zhao Lijian sangat menyayangkan keputusan Trump yang berakhir dengan mengakhiri hubungan dengan WHO.

"Perilaku egois, melalaikan tanggung jawab, merusak upaya internasional untuk melawan COVID-19," katanya.

Zhao menambahkan bahwa AS adalah orang yang gampang menyerah, hal itu dikatakan mengingat keputusan Trump untuk menarik diri dari UNESCO, Dewan Hak Asasi Manusia AS, Perjanjian Paris, JCPOA, Perjanjian INF, dan Perjanjian tentang Langit Terbuka.

"Dalam menghadapi COVID-19, upaya-upaya untuk menyerang WHO itu adalah kelalaian kehidupan manusia, sebuah tantangan bagi kemanusiaan dan sabotase kerja sama internasional yang pasti akan ditolak oleh komunitas internasional," tegas Zhao.

Sebelumnya, Trump pada akhir Mei resmi mengumumkan bahwa dirinya memutus hubungan dengan WHO. Ia menilai WHO keputusan WHO dalam mengendalikan wabah pandemi ada kesalahan.

Selain memutuskan hubungan, Trump juga menuding WHI sebagai boneka China dan penghentian pendanaan akan berlaku permanen jika WHO tak segera melakukan perbaikan.

AS sendiri diketahui menjadi penyumbang dana terbesar kepada WHO, AS menyumbang setidaknya sebanyak Rp 7,83 triliun. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00