Begini Awal Mula Kasus George Floyd

Foto istimewa

KBRN, Jakarta: Kasus kematian George Floyd pria Afrika-Amerika memicu gelombang protes hingga kerusuhan di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat.

Melansir BBC, kasus tersebut bermula pada Senin (25/5/2020) saat seorang kasir menelepon polisi karena bermasalah dengan seorang konsumen. Konsumen tersebut adalah George Floyd. Diduga, George Floyd menggunakan kupon yang sudah kadaluarsa atau ada juga kabar yang beredar jika dirinya menggunakan uang palsu. 

Beredar sebuah video terkait penangkapannya dan menjadi viral. Berdasarkan video tersebut, George Floyd didatangi sekelompok polisi yang membawanya keluar. Para polisi mendekati lalu memborgolnya. Terlihat jelas jika George Floyd menurut dan mengikuti perintah dari polisi tanpa melawan. Hingga polisi bernama Derek Chauvin melakukan hal tidak terduga. 

Chauvin menyekap George Floyd dengan lututnya di aspal. Floyd tidak bisa bernapas hingga akhirnya terkulai lemas. Ia sempat mengatakan pada polisi jika tidak dapat bernafas. Badannya menjadi kesakitan terutama di perut dan pernafasannya, namun polisi tersebut tidak memedulikan kondisi George Floyd. Padahal orang-orang yang ada di tempat tersebut meminta polisi untuk berhenti.

Namun, berdasarkan kronologis versi polisi, George Floyd melakukan perlawanan fisik saat ditangkap.

Pada akhirnya George Floyd lemas dan tidak lagi bergerak. Ia dinyatakan meninggal dunia saat perjalanan ke rumah sakit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00