Gubernur Minnesota Minta Kerusuhan Akibat Kematian George Flyod Diakiri

KBRN, Jakarta: Gubernur Minnesota, Tim Walz menyerukan untuk adanya kerusuhan yang diakibatkan adanya aksi protes atas pembunuhan pria berkulit hitam, George Flyod oleh pihak kepolisian Minneapolis, Amerika Serikat (A.S) untuk segera diakhiri.

Walz mengungkapkan bahwa adanya protes yang berujung dengan tindakan pembakaran kantor polisi, penjarahan itu telah mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat lainnya.penampakan_protes_warga_minnesota_dok_tangkap_layar_reuters.jpeg

"Tidak seorangpun dari kita dapat hidup dalam masyarakat dimana kerusuhan tidak terkendali dan melakukan apa yang mereka inginkan, merusak properti," kata Gubernur Minnesota, Tim Walz seperti dalam lansiran Reuters, Jakarta (30/5/2020).

Walz berjanji bahwa pihaknya akan menelusuri kasus tersebut. Untuk itu Ia meminta kepada pihak-pihak terkait lainnya, untuk dapat menuntaskan kasus tersebut dengan cepat.

"Kita harus kembali ke titik tentang apa yang menyebabkan semua ini terjadi dan mulai mengerjakannya," tambahnya lagi

Sementara itu dalam tempat yang terpisah, Jaksa Wilayah Hennepin, Mike Freeman mengatakan bahwa penyelidikan terhadap Derek Chauvin dan ketiga oknum kepolisian yang menyebabkan meninggalnya George Flyod, telah dilakukan pihaknya dengan sangat cepat.

Ia meyakini bahwa pihak kepolisian diwilayahnya itu telah menggunakan segala upaya untuk tetap dapat mendampingin penyelesaian tugas penyelidikan dan memastikan keamanan kota tersebut, meski saat ini sejumlah aksi kerusuhan terus terjadi.

"Ini sejauh ini yang tercepat yang pernah kami lakukan terhadap seorang polisi. Kami mempercayakan petugas polisi kami untuk menggunakan sejumlah kekuatan tertentu untuk melakukan pekerjaan mereka, untuk melindungi kami. Mereka melakukan tindak pidana jika mereka menggunakan kekuatan itu secara tidak masuk akal," kata Freeman.penampakan_garda_nasional_minnesota_dok_tangkap_layar_reuters.jpeg

Dalam lansiran Reuters, aksi protes pembunuhan warga kulit hitam oleh polisi setempat itu memicu kemarahan masyarakat. Pembakaran terjadi di kota tersebut, sehingga Garda Nasional terpaksa dikerahkan.

penampakan_kepulan_asap_kebakaran_di_kota_minnesota_dok_tangkap_layar_reuters.jpegDari aksi kericuhan yang terjadi selama dua hari terakhir ini, berbagai sudut kota tersebut terlihat kepulan asap yang dikarenakan adanya massa yang melakukan pembakaran terhadap kendaraan-kendaraan disekitar. Bahkan tempat-tempat perbelanjaan, juga menjadi sasaran penjarahan besar-besaran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00