Selama Lockdwon, Masjid di London Pertama Kali Kumandangkan Azan

The East London Mosque.jpg

KBRN, Jakarta: Beberapa bulan terakhir ini memang virus corona sedang menyerang seluruh negara di belahan dunia. Maka dari itu banyak negara yang memberlakukan pembatasan aktivitas masyarakatnya, tak terkecuali di London. 

Hal itu terlihat pada masjid di wilayah London Timur yang telah mengumandangkan azan untuk pertama kalinya sejak diberlakukannya lockdown selama Ramadan ini.

Panggilan untuk sholat pertama kali dikumandangkan kemarin pada Selasa (5/5/2020). Mengumandangkan azan akan berlanjut saat matahari terbenam setiap hari, sepanjang bulan puasa Ramadan, dan untuk shalat Jumat.

Dilansir dari beberapa sumber, Dewan Masjid Hutan Waltham meminta izin untuk menyiarkan panggilan sholat mengingat keadaan khusus. Abrahim mengatakan Ramadan ini adalah pengalaman yang sangat berbeda dari biasanya karena orang tidak bisa pergi ke masjid dan berdoa.

"Karena masjid adalah titik fokus, terutama bulan ini tidak bisa melakukannya dan itu sangat menyedihkan. Itu adalah sesuatu yang tidak ingin saya alami lagi, tetapi kita harus beradaptasi dan poin plusnya adalah kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga dan berdoa bersama sebagai keluarga, menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak," kata Abrahim, dilansir laman Metro.co.uk, Rabu (06/05/2020).

Sementara diketahui bahwa jal tersebut sangat berarti bagi mereka (warga London) bahwa masjid masih ada dan tetap melayani tujuannya.

"Biasanya kita berbuka bersama dan berdoa bersama di masjid tetapi karena virus corona sekarang kita tidak bisa memasuki masjid. Semoga mereka yang dekat dengan masjid akan mendengar panggilan salat dan menemukan sedikit hiburan. Tolong semua orang tinggal di rumah dan tetap aman," kata Wakil sekretaris jenderal Asosiasi Islam Hutan Waltham Irfan Akhar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00