Korut Miliki Fasilitas Rudal Balistik Antarbenua 

KBRN, Jakarta : Pusat Studi Strategis dan Internasional di Amerika Serikat memperkirakan Korea Utara Korea Utara hampir menyelesaikan fasilitas rudal balistik dengan kemampuan menjangkau antarbenua. 

Fasilitas pendukung rudal balistik Sil-li ini sempat dirahasiakan dan terletak sekitar 17 kilometer barat laut Pyongyang dan dekat dengan Bandara Internasional Pyongyang. Hal itu berdasarkan pemantauan citra satelit. 

"Sebuah fasilitas baru hampir selesai di dekat Bandara Internasional Pyongyang yang hampir pasti terkait program rudal balistik Korea Utara yang berkembang. Fasilitas itu cukup besar untuk menampung rudal balistik antarbenua Hwaong-15," kata Joseph Bermudez pakar Pusat Studi Strategis dan Internasional di Amerika Serikat seperti dilansir Yonhap, Rabu (6/5/2020). 

Menurut Bermudez pembangunan fasilitas itu dimulai pada pertengahan 2016. Fasilitas bawah tanah itu kemungkinan cukup besar untuk menampung semua rudal balistik Korea Utara, peluncur dan kendaraan pendukung yang terkait. 

Bermudez meramalkan fasilitas rudal balistik itu diperkirakan lengkap dan siap beroperasi pada akhir 2020 atau awal 2021. 

(foto: Yonhap)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00