703 WNI Positif COVID-19, 34 Meninggal

KBRN, Jakarta : Kementerian Luar Negeri Indonesia melaporkan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif terjangkit virus corona (COVID-19) di luar negeri hinigga Selasa (5/5/2020), mencapai 703 orang.

"Dari 703 WNI yang positif terjangkit virus corona, sebanyak 314 orang telah dinyatakan sembuh, 34 orang meninggal dunia, dan 355 orang lainnya masih dalam proses perawatan," demikian data Kemenlu sebagaimana dikutip dalam akun twitternya.

Ratusan WNI positif corona itu terdapat pada setidaknya 33 negara. Sementara itu, sebanyak 34 WNI meninggal dunia akibat virus corona terdiri dari 12 orang di Amerika Serikat, 6 orang di Arab Saudi, 4 orang di Belanda, 2 orang di Inggris, 1 orang di Jerman, 2 orang di Malaysia, 2 orang di Singapura, 1 orang di Turki, dan 4 orang anak buah kapal pesiar.

Selain itu, berdasarkan data Kemlu RI, WNI yang positif corona di Arab Saudi bertambah menjadi 92 orang dari sehari sebelumnya, yang tercatat ada 75 orang. Sebanyak 8 WNI telah dinyatakan sembuh, sementara enam orang telah meninggal dunia.

Kemlu RI juga menemukan terdapat 4 WNI terinfeksi Covid-19 di Prancis, terdiri dari 3 orang telah dinyatakan sembuh dan 1 orang masih dalam perawatan dengan kondisi stabil.

Sejauh ini WNI ABK kapal pesiar menjadi yang paling banyak terpapar virus ini. Sebanyak 172 WNI ABK yang bekerja pada setidaknya 122 kapal pesiar di seluruh dunia dinyatakan positif terjangkit corona.

Sementara itu, WNI di Malaysia menjadi yang terbanyak kedua terpapar corona yakni mencapai 108 orang.

Kemenlu RI menyatakan terus memantau kondisi WNI di luar negeri melalui perwakilan di setiap negara. Pemerintah Indonesia juga telah mengirimkan sejumlah bantuan logistik dan sembako bagi para WNI yang paling terdampak pandemi corona di luar negeri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00