China: Indonesia akan Menang Melawan COVID-19 Sesegera Mungkin

Ilustrasi Penanganan Virus Corona di Indonesia (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz).jpg

KBRN, Jakarta : Pemerintah China meyakini, jika Indonesia bisa segera mengatasi dan mengendalikan pandemi virus corona (COVID-19). Melalui kedutaan besar di Jakarta, China menganggap pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menerapkan kebijakan secara komprehensif dan menanggapi wabah secara ampuh.

"Pihak Tiongkok percaya Indonesia akan menangkan epidemi secepat mungkin. Kami dengan tulus ikhlas mengapresiasi upaya Indonesia dan sangat percaya (Indonesia) pasti dapat segera mungkin mengatasi epidemi dan memulihkan tatanan ekonomi dan sosial yang normal," kata Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian dilansir dari CNNIndonesia, Selasa (5/5/2020). 

Tidak hanya dari kebijakan Pemerintah, Xiao menilai masyarakat Indonesia sangat menunjukan tekad dan keyakinan yang kuat untuk mengatasi penyebaran virus corona.

Xiao menyebut, jika China mengganggap pemerintahan Jokowi terbuka, transparan, dan bertanggung jawab dalam melindungi seluruh warga negara dan warga asing di Indonesia dari pandemi ini.

Kata dia, Indonesia menunjukan citra terbuka, transparan dan bertanggung jawab dengan melakukan kerja sama internasional secara aktif, memberikan perlindungan setara terhadap warga negara asing di Indonesia, serta menyediakan fasilitas bagi para diplomat dan anggota keluarga untuk mengunjungi dokter. 

Xiao menegaskan, jika Presiden Xi Jinping bertekad akan terus memberi dukungan dan bantuan bagi Indonesia dalam menghadapi virus corona.

China telah mengirimkan gelombang pertama bantuan alat medis bagi Indonesia pada 28 Maret lalu, yang meliputi alat tes corona, masker medis, pakaian APD, dan ventilator. 

Selain itu Xiao menyebut China akan segera mengirimkan bantuan gelombang kedua bagi Indonesia dalam waktu dekat ini. Ia mengatakan sejumlah provinsi dan kota hingga perusahaan di China juga telah atau berencana mengulurkan bantuan bagi Indonesia.

"Pihak Tiongkok sedang berkomunikasi erat dengan pihak Indonesia mengenai bea cukai, transportasi, dan serah terima persediaan medis," ujarnya.

Dia mengatakan sejauh ini China telah atau bersiap menyumbangkan 163 ribu alat tes corona, 123 ribu masker N95, 3,5 juta masker bedah medis, 144 ribu pakaian APD, 25 ribu kacamata pelindung, 528 ribu sarung tangan, 50 set ventilator portabel, ratusan termometer dahi, pulse oksimeter, dan beberapa alat diagnostik dengan sistem kecerdasan buatan (artificial intelligent).

Sumber: CNNIndonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00