WHO: Tanaman Herbal untuk COVID-19 Harus Diuji Ilmiah

KBRN, Jakarta: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan tanaman herbal seperti Artemisia Annua yang disebut-sebut bisa mengobati virus COVID-19 harus diuji coba terlebih dahulu untuk mengetahui kemanjuran dan efek sampingnya terhadap pasien. Artemisia Annua merupakan tanaman anti-malaria. 

Meski demikian, WHO mendukung obat tradisional yang telah terbukti secara ilmiah untuk pengobatan komplementer dan alternatif yang memiliki banyak manfaat. 

"Jika terapi berasal dari praktik tradisional dan alami membangun kemanjuran dan keamanannya melalui uji klinis yang itu sangat penting,"kata Kantor WHO regional Afrika sub-Sahara, seperti dilansir Reuters, Selasa (5/5/2020). 

Pernyataan itu menanggapi Presiden Madagaskar, Andry Rajoelina yang mempromosikan penyembuhan berdasarkan tanaman tersebut. Padahal campuran herbal dari tanaman itu belum diuji secara ilmiah. 

WHO tengah bekerja dengan lembaga penelitian untuk memilih produk obat tradisional yang dapat diselidiki kemanjuran klinis dan keamanan untuk pengobatan COVID-19. Untuk itu WHO menekankan perlunya kehati-hatian terkait informasi yang salah di media sosial tentang efektivitas obat tertentu. Pasalnya, upaya uji laboratorium sedang dilakukan untuk menemukan pengobatan untuk COVID-19. 

Selanjutnya : banyak tanaman herbal diusulkan

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00