WHO Akui Dunia Kekuarangan Perawat Kesehatan Tangani Pandemi COVID-19

KBRN, Jakarta: Organisasi Kesehatan Dunia mengakui dalam menghadapi pandemi virus corona baru (COVID-19) menjadi garda terdepan dalam menanggulangi virus tersebut. Namun kini dunia kekurangan tenaga perawat.

Kekurangan terjadi di negara-negara miskin di Afrika, Asia Tenggara, Timur Tengah dan sebagian Amerika Selatan. Hal itu berdasarkan laporan Badan kesehatan PBB bersama dengan mitra Nursing Now dan Dewan Perawat Internasional (ICN). 

" Perawat adalah tulang punggung sistem kesehatan apa pun. Tetapi untuk menghadapi itu menyisakan kekurangan sebanyak 5,9 juta perawat," kata Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti diberitakan Channel News Asia mengutip AFP, Selasa (7/4/2020). 

Laporan itu mendesak negara-negara di dunia untuk mengindentifikasi kesenjangan tenaga keperawatan dan berinvestasi dalam pendidikan keperawatan, pekerjaan dan kepemimpinan. 

Kepala eksekutif ICN Howard Catton mengatakan sebanyak 23 perawat telah meninggal di Italida dan sekitar 100 petugas kesehatan telah meninggal di seluruh dunia. (foto: Instagram/ummulamirahh)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00