Virus Corona Semakin Mewabah, Korea Selatan Negara ke-2 Kasus Terbanyak Setelah Cina

KBRN, Korsel : Wabah virus Novel Corona 2019 terus menelan korban di Korea Selatan. Bagaimana tidak, para pejabat Pemerintah Korea Selatan (Korsel) menyatakan terdapat sebanyak 299 kasus baru setelah dikonfirmasi sejak Jumat, (21/2/2020). Total saat ini, 433 kasus virus Novel Corona 2019 di sana.

Seperti disiarkan Kantor Berita TV Korea Selatan, ABSK, para petugas kesehatan Korea Selatan mengumumkan terdapat 142 kasus baru, pada Sabtu (22/02/2020). Bahkan, beberapa jam kemudian terdapat tambahan 87 kasus.

“Wabah ini telah memasuki fase baru yang serius,” kata Wakil Menteri Kesehatan Korea Sealatan, Kim Gang-lip, Minggu (23/2/2020).

Dalam pernyataannya, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Korea (KCDC), menyatakan dari 229 kasus baru, 95 di antaranya terkait dengan Rumah Sakit Daenam di Cheongdo. Mereka merawat lansia dan pasien dengan gangguan jiwa di sana.

Saat ini, terdapat 114 kasus di rumah sakit tersebut. Mereka sudah dipastikan adalah sembilan staf rumah sakit dan 102 pasien.

BACA JUGA: Pria Jepang Usia 60-an Positif Virus Corona Usai Berlibur di Indonesia

Dalam pidato yang disiarkan stasiun televisi lokal Korea Selatan itu, Perdana Menteri Chung Sye-kyun juga menilai situasi di Korea Sealatan sudah sangat serius.

Sebagian dari kasus-kasus baru ini berkaitan dengan sebuah rumah sakit dan sebuah kelompok keagamaan dekat Kota Daegu. Itu dikatakan sejumlah pejabat di Korea Selatan.

Sebanyak dua pasien telah meninggal dunia dan dikhawatirkan jumlahnya akan terus bertambah.

Daegu dan Cheongdo merupakan daerah atau lokasi rumah sakit tersebut, dan sudah dinyatakan sebagai "zona perawatan khusus". Keadaan di sana sekarang juga dilaporkan amat sedikit penduduk keluar rumah, atau berada di jalan-jalan Kota Daegu.

Korea Selatan dari rangkaian kasus virus mematikan itu, kini adalah negara kedua dengan jumlah pasien virus Novel Corona 2019 terbanyak kedua setelah Cina. Sebab, Cina sudah memiliki 76.288 pasien dan 2.345 di antara mereka meninggal dunia.

Lokasi dengan jumlah kasus terbanyak ketiga adalah kapal pesiar Diamond Princess yang berada di Pelabuhan Yokohama, Jepang. Virus Corona Novel 2019 telah menjangkit para penumpang dan awak kapal mencapai lebih dari 600 kasus.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00