WHO Sayangkan Dunia Internasional Tak Siap Serangan Virus

KBRN, Jakarta : Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan perlunya solidaritas internasional dalam memerangi epidemi wabah penyakit di dunia. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menenkankan perlunya kesiapsiagaan dan menjauhkan kepanikan terkait wabah Ebola dan virus Covid-19.

" Kita harus mengembangkan solidaritas dan bukan stigma, musuh besar kita bukanlah virus itu sendiri tetapi stigma yang membuat kita saling bertentangan. Kita harus menghentikan stigma dan kebencian," tegasnya dalam Konferensi Kemaanan di Munich ke-56 seperti dikutip xinhua, Minggu (16/02/2020).

Ia menyayangkan dunia internasional yang menghabiskan miliaran dolar untuk mempersiapkan teroris, tetapi sedikit mempersiapkan untuk serangan virus yang bisa jauh lebih mematikan dan jauh lebih merusak secara ekonomi, politik dan sosial.

" Ini terus terang sulit dipahami dan berbahaya," ungkapnya.  

Baca juga : WHO Turut Jamin Kesehatan 243 WNI Usai Observasi di Natuna

Tedros mendukung langkah-langkah pemerintah Tiongkok dalam mengatasi wabah virus Covid-19 di sumbernya di Wuhan. Hal ini untuk memperlambat penyebaran epidemi virus itu ke seluruh dunia.

Ia mendorong pakar kesehatan internasional yang berada di Tiongkok untuk bekerja sama dengan Tiongkok untuk memahami wabah virus itu dan menyampaikan langkah-langkah lanjutan dalam mengatasinya. (foto: Xinhua/Lu Yang)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00