WHO Ingatkan Masyarakat Dunia Tak Lagi Sebar Ketakutan Virus COVID-19

KBRN, Jakarta: Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengingatkan agar masyarakat dunia tak lagi menyebarkan isu-isu yang memicu terjadinya ketakutan akan novel coronavirus (COVID-19) melalui dunia maya.

Hal ini menyusul berakhirnya masa karantina di berbagai negara bagi warga negaranya yang dievakuasi dari Tiongkok lantaran dikhawatirkan terpapar virus COVID-19.

Di Indonesia, diketahui hari ini sekitar 238 WNI yang didatangkan dari Natuna usai dikarantina sepulang dari Tiongkok tiba di Jakarta untuk kembali pulang ke tempat tinggal masing-masing. Mereka pun dinyatakan sehat.

“Inilah waktunya untuk bicara fakta, bukan ketakutan. Inilah waktunya berbicara secara rasional, bukan rumor dan inilah saatnya untuk solidaritas, bukan stigma,” ujar Dirjen WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus melalui keterangan persnya, Minggu (16/2/2020).

Ia menambahkan, selama isu virus corona menjadi sorotan dunia, dirinya mengamati di medsos banyak pihak yang saling menuduh satu sama lain atas penyebaran virus ini. 

Bahkan, Tedros menuturkan dirinya juga melihat ramainya tudingan adanya unsur politisasi atas munculnya wabah ini ke berbagai belahan dunia yang dilontarkan netizen. Menurutnya, hal ini sangat memprihatinkan.

”Mudah memang untuk saling menyalahkan. Tapi sulitkah kita untuk menghadapi masalah ini dan mencari solusinya bersama? Ingatlah, kita banyak belajar dari wabah virus ini. Bukan saatnya mempolitisasi dan menuduh siapa yang salah,” tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00