Kabarkan Kondisi Wuhan yang Sebenarnya, Dua Warga Tiongkok Hilang

KBRN, Jakarta: Seorang warga Wuhan, Tiongkok, Fang Bin menghilang setelah ia  mengabarkan seputar wabah virus corona baru (COVID-19) di Wuhan dalam video berdurasi 40 menit. 

Beberapa hari sebelumnya, seorang blogger video terkemuka di Wuhan, Chen Qiushi juga hilang. Teman dan keluarga Chen menduga Chen dikarantina secara paksa oleh pemerintah setempat. 

Diketahui, Fang dan Chen banyak merekam video dari Wuhan tentang kondisi yang memilukan di daerah yang merupakan pusat wabah virus Covid-19, seperti antrean panjang di luar rumah sakit, paseien yang lemah dan kerabat yang menderita.

Video-video yang diunggah Fang dan Chen sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap pemerintah mengenai penanganan wabah virus Covid-19. Bahkan akibat unggahannya di media sosial, sebuah aplikasi media sosial di Tiongkok, WeChat memblokir Chen. 

Berita tentang hilangnya Chen dan Fang dengan cepat disingkirkan di media sosial Tiongkok. Bahkan pada Jumat kemarin, nama mereka hampir tidak membuahkan hasil di media sosial Weibo. 

Sarah Cook, peneliti pro-demokrasi Freedom House di Amerika Serikat menegaskan hilangnya dua pria itu sebagai bukti Partai Komunis Tiongkok membatasi kebebasan berbicara dan berpendapat. 

"Ketika tiba-tiba ada krisis, mereka ingin menyebarkan informasi tersebut," kata Sarah Cook seperti dikutip nytimes, Sabtu (15/2/2020). (foto: Hector Retamal/Agence France-Presse — Getty Images)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00