Puluhan Rudal Iran Hantam Pasukan AS di Irak

KBRN, Irak : Iran mengakui telah melakukan penembakan puluhan rudal ke basis militer pasukan Amerika Serikat di pangkalan udara AS-Irak,Irak Rabu (8/1/2020). Aksi ini merupakan serangan balasan atas kematian jenderal Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani dan komandan tinggi Irak, Abu Mahdi al-Muhandis di Baghdad, Irak.

Teheran, seperti dilansir Reuters, Rabu (8/1/2020) pagi, serangan rudal Iran terjadi pda pukul 01.30 Waktu Irak. Sebelumnya, Iran telah mengecam Amerika Serikat agar seluruh pasukannya agar meninggalkan Irak.

Panglima Militer Iran, Ayatollah juga telah memberikan pernyataan melalui stasiun televise Iran.

“Saya katakana selama saya bicara selama ini (kepemimpinan AS sejak Barack Obama, red), waktu untuk serang dan lari itu sudah berlalu. Jika kamu serang, kamu akan mendapatkan serangan balasan,” kecam Ayatollah kepada AS.

Serangan rudal Iran kali ini juga terjadi di Erbil, selain menghantam pangkalan udara Al-Asad, Irak.

Seorang pejabat bahkan mengonfirmasi bahwa serangan dilakukan di Ayn al-Asad di Irak Barat. Ini dilakukan sebagai balasan atas kematian Jenderal Qasem Soleimani.

“IRGC mengumumkan kepada Setan AS bahwa balasan yang dilakukan akan dipenuhi rasa sakit dan kehancuran,” kata IRGC.

Menteri Telekomunikasi Iran, Mohamad Javad Azari Jahromi juga memberikan pernyataan kecamannya untuk pasukan militer AS di Irak.

“Get the hell out of our region!#HardRevenge,” tulis Jahromi dengan menyematkan gambar bendera Iran dan Irak dalam akun Twitter resminya @azarijahromi, Rabu (8/1/2020) pukul 08.48.

Sementara Gedung Putih juga mengkonfirmasi serangan Iran di Irak ini.

“Kami mengetahui adanya laporan serangan terhadap fasilitas AS di Irak,” kata Sekretaris Gedung Putih, Stephanie Grisham dalam sebuah pernyataan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00