HUT Kemerdekaan, WNI di Korsel Gelar Fashion Week

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto. (foto: Instagram KBRI Seoul)

KBRN, Jakarta: Warga negara Indonesia (WNI) di Korea Selatan menggelar Fashion Week dalam memeriahkan perayaan HUT Ke-77 RI.

"Kita meniru Citayam Fashion Week," kata Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto dalam perbincangan dengan Pro 3 RRI, Rabu (17/8/2022).

Fashion Week, kata dia, digelar di sebuah penyeberangan jalan di kota Seoul. "Ini sesuatu yang unik dan sediit lain yang kami lakukan," ujarnya.

Dalam pekan ini, pihaknya juga akan menggelar Indonesian Fashion yang disebut dengan Festival Indonesia tahun 2022.

Dalam perhelatan itu pihaknya membuka kerja sama batik dengan dua rumah mode dari Korea Selatan dan Indonesia.

"Indonesia diwakili dengan rumah mode Iwan Tirta dan di Korea Selatan ada desainer pakaian khusus lelaki Kim Seo Ryoung," ujarnya.

Menurutnya, karya Kim Seo Ryoung sudah diakui di Korea Selatan dan cukup melegenda. "Dua maestro itu kita satukan untuk kerja sama untuk terobosan batik goes international yang lebih kongkret," ujarnya.

Selain itu, pihaknya di tahun ini akan memboyong desainer batik dari Indonesia untuk datang ke Korea Selatan untuk membatik. "Kali ini membatiknya di body mobil," kata dia.

Dengan begitu, pabrikan mobil Hyundai dapat memproduksi batik di body mobilnya. "Mobil electric vehicle-nya itu menjadi tema batik di sana untuk interior dan eksterior," ujarnya.

Menurutnya, batik di gambar di body mobil merupakan terobosan baru yang merupakan bagian dari diplomasi batik.

"Nanti mobil itu akan diproduksi di pabrik Hyundai yang ada di Indonesia supaya  menjadi limited edtion untuk dijual di Indonesia," kata Gandi.

Dalam kesempatan ini, ia memastikan bahwa perayaan HUT Ke-77 RI di Korea Selatan  menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Perayaan dengan menggunakan prokes yang cukup ketat tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan lainnya," kata  Gandi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar