KBRI Madrid Jadi Tuan Rumah Peringatan ASEAN Day

(kiri kanan: Db. Bahk Sahnghoon (Korsel), Db. Wu Haitao (RRT), Eric Valuenzela (KUAI Filipina), Db. Huang Xuan Hai (Vietnam), Db. Dr. Muhammad Najib, Db. Phantipha Iamsudha Ekarohit (Thailand), M. Azfar Abdullah (Malaysia), Db. Dinesh Kumar Patnaik (India). (Foto: KBRI Madrid)

KBRN, Jakarta: Kedutaan Besar RI di Madrid menjadi tuan rumah untuk hari peringatan berdirinya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Peringatan tersebut biasa dikenal "ASEAN Day", acara ini menjadi perayaan yang ke-55 di Spanyol.

Diharapkan, acara ini menjadi kunci stabilitas kawasan ASEAN. Dubes RI untuk Spanyol Muhammad Najib mengatakan, keberhasilan ASEAN menata Asia Tenggara menjadi modal baik bagi masa depan. 

"Hal ini penting untuk disadari karena ASEAN saat ini sudah menjadi kekuatan ekonomi terbesar kelima secara global. Nantinya akan segera menjadi terbesar ke-empat pada 2030," ujarnya pada saat peringatan ke-55 ASEAN Day di gedung KBRI Madrid pada Senin (8/8/2022).

ASEAN memiliki sekitar 650 juta warga, dan mayoritas populasi tersebut berusia muda sehingga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan. Ia menyambut baik  KTT ASEAN–Uni Eropa akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di Brussel pada Desember 2022.

Menurut dia, hal itu merupakan pengakuan bahwa masa depan Eropa dan Asia Tenggara sangat berkaitan erat. Selain itu, Spanyol juga menjadi mitra penting bagi Indonesia maupun ASEAN.

"Hal ini akan melandasi kolaborasi Indonesia dengan Spanyol. Ketika nantinya Indonesia menjadi Ketua ASEAN pada 2023 dan Spanyol sebagai Presiden Uni Eropa pada paruh kedua 2023," kata Najib.

Meskipun peringatan ASEAN Day dilakukan pada masa libur, acara berlangsung cukup meriah dengan kehadiran sekitar 70 tamu. Selain para dubes dan wakil dari Vietnam, Thailand, Malaysia dan Filipina, hadir pula sejumlah dubes dan perwakilan negara mitra ASEAN, yakni China, Korea Selatan dan India.

Tamu lainnya terdiri atas kalangan Kementerian Luar Negeri Spanyol, mantan Kepala Wilayah NATO untuk Spanyol, perwakilan asosiasi pengusaha, serta insan media Spanyol. Suasana ramah tamah saat resepsi diiringi musik tradisional Indonesia yang dibawakan oleh kelompok gamelan KBRI Madrid, Caraka Laras.

Peringatan ASEAN Day di Spanyol berlangsung dengan prosesi pengibaran bendera ASEAN yang dibawakan oleh Tim Paskibra KBRI Madrid. Dan sajian makanan khas dari lima kedutaan besar negara anggota ASEAN yang di Madrid.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar