PEA-RI Bahas Penguatan Kerja Sama Bilateral

Menlu Retno Marsudi menggelar pertemuan bilateral bersama Menlu Persatuan Emirat Arab (PEA), Shaikh Abdullah Bin Zayed Al Nahyan, Rabu (06/07/2022), di Nusa Dua, Bali. (Foto:KemluRI)

KBRN, Bali: Menlu Retno Marsudi menggelar pertemuan bilateral bersama Menlu Persatuan Emirat Arab (PEA), Shaikh Abdullah Bin Zayed Al Nahyan, Rabu (6/7/2022), di Nusa Dua, Bali. 

Pertemuan dilakukan menjelang penyelenggaraan Pertemuan Para Menteri Luar Negeri G20 (G20 FMM), Jum'at (8/7/2022).

Shaikh Abdullah merupakan salah satu menlu yang telah tiba di Nusa Dua, Bali, untuk mengikuti jalannya pertemuan G20 FMM. 

"Dalam pembukaan pertemuan, Menlu Persatuan Emirat Arab (PEA) menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu prioritas negara mitra bagi PEA. Menlu PEA juga mencatat berbagai peran penting Indonesia di kawasan dan dunia, termasuk kunjungan terakhir Presiden ke Ukraina dan Rusia," demikian keterangan resmi Kemlu RI dikutip RRI.co.id, Rabu (06/07/2022).

Pada pertemuan bilateral kedua menlu menitikberartkan penguatan kerja sama bilateral, terutama tindak lanjut hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke Abu Dhabi pada 1 Juli 2022 lalu. 

"Secara khusus dibahas kerja sama pembangunan Ibu Kota Baru (IKN), dan kerjasama-kerjasama lain antara lain di bidang kesehatan, penerbangan dan pengembangan pohon bakau," jelas Kemlu RI.

Selain isu bilateral, kedua menlu juga membahas berbagai isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama, antara lain perkembangan situasi di Ukraina, dan upaya pemulihan rantai pasok pangan. 

Kedua Menlu juga membahas berbagai isu yang sedang menjadi perhatian Dewan Keamanan PBB, mengingat PEA saat ini menjadi salah satu negara anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

"Menlu RI menyampaikan apresiasi atas dukungan PEA terhadap presidensi Indonesia di G20," tutup pernyataan resmi Kemlu RI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar