Romo Benny: Presiden Jokowi Dipuji Dunia Internasional

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam sebuah acara secara virtual dari Istana Merdeka (27/7/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/aa.jpg

KBRN, Jakarta: Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Tim Ahli Revolusi Mental, Antonius Benny Susetyo mengatakan, upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi juru damai konflik Rusia-Ukraina dipuji dunia internasional. 

Menurutnya, Presiden Jokowi mampu menawarkan solusi terhadap perdamaian sejati di dunia. Hal itu karena posisi Indonesia netral tidak berpihak dalam konflik Rusia-Ukraina.

"Kita melihat kemampuan membangun diplomasinya untuk menyelesaikan konfliknya itu yang dipuji dunia internasional," kata dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, ditulis Sabtu (2/7/2022).

"Itu sumbangan terbesar Indonesia bagi tata dunia baru terciptanya perdamaian," lanjutnya.

Ditekankannya, netralitas tersebut menjadi modal besar agar Indonesia mampu menjadi fasilitator perdamaian, karena konflik Rusia-Ukraina sudah berlangsung lama. 

"Itu (konflik Rusia-Ukraina, Red) membuat situasi dunia juga mengalami bergolak, krisis pangan, krisis gas sehingga kalau tidak ada perdamaian itu sangat membahayakan," jelas pria yang akrab disapa Romo Benny ini.

Ia menambahkan, kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia untuk mencari ruang dialog dan menghentikan kekerasan akibat konflik tersebut.

"Kunjungan pak Jokowi diharapkan memang tidak menyelesaikan konflik tapi memberi solusi untuk mencari kesepakatan dan kekerasan itu segera dihentikan kemudian mencari alternatif untuk berdialog," urainya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar