Komunitas Rusia Peringati Perang Patriotik Raya

Duta Besar Rusia Untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva (baju hitam), memimpin jalannya prosesi mengheningkan cipta mengenang 27 juta jiwa yang gugur dalam Perang Patriotik Raya pada 22 Juni 1941 melawan Nazi Jerman, di depan patung kosmonot Soviet Yuri Gagarin, di Taman Mataram, Jakarta, Rabu (22/06/2022). (Foto: Retno Mandasari/RRI)

KBRN, Jakarta: 22 Juni diperingati oleh rakyat Rusia sebagai “Perang Patriotik Raya”.  Hari dimana 27 juta warga Rusia gugur melawan invasi Jerman ke Uni Soviet, selama Perang Dunia II dengan nama “Operasi Barbarossa” pada 1941.

Komunitas Rusia di Jakarta pun memperingati hari itu dengan berkumpul dan meletakkan karangan bunga, tepat di depan patung kosmonot Soviet Yuri Gagarin, di Taman Mataram, Jakarta, Rabu (22/06/2022).

“22 Juni sebagai hari peringatan dan berduka. 27 juta jiwa berkorban tidak hanya militer tapi juga masyarakat sipil dan ini menjadi peristiwa besar dari sejarah negara kami,” kata Duta Besar Rusia Untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, saat ditemui di sela-sela upacara peringatan.

Dalam peringatan 22 Juni 1941 itu, Vorobieva juga mengingat perjuangan sang kakek.

“Kakek saya ikut berjuang dalam Perang Patriotik Raya dan ia selamat. Kemudian, meninggal pada 27 Juni. Tapi, baginya hari-hari perang saat itu adalah suci,” ungkapnya..

Ia menyebut, peringatan 22 Juni oleh komunitas Rusia, sebagai sebuah aksi untuk mengingat pentingnya sebuah sejarah.

“Sebab, sebuah bangsa yang tidak mengingat sejarah mereka, maka tidak akan ada masa depan. Seperti yang dikatakan oleh salah seorang ahli filsafat. Saya juga sangat percaya akan hal itu. Sebab, sejarah itu berharga,” papar Vorobieva.

Peletakan karangan Bunga di depan patung Yuri Gagarin di Taman Mataram untuk mengenang “Hari Peringatan dan Berduka” dan juga dilanjutkan dengan mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati 27 juta warga Uni Soviet yang gugur selama Perang Patriotik Raya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar