[Cek Fakta] Warga Morowali Diusir Paksa

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal Bukti Cina Akan Kuasai Indonesia Terungkap, Warga Morowali Diusir Paksa (Foto: Kominfokfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah video dari sebuah kanal YouTube yang didalamnya terlihat banyak gerombolan oranng.

Bahkan video tersbeut juga menyebut jika Cina akan menguasai Indonesia. Tidak hanya itu, disebutkan juga bahwa bukti nyata Cina melakukan perampasan dan pengusiran paksa warga Morowali, Sulawesi Tengah. 

Pada thumbnail video terlihat potret para pekerja yang diklaim sebagai tenaga kerja asing (TKA) asal Cina tengah berkumpul di sebuah lahan.

Namun saat ditelusuri melalui Kominfohoaks, klaim yang mengatakan Cina akan menguasai Indonesia dengan merampas tanah dan mengusir warga Morowali adalah tidak benar. 

Tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal tersebut. Di dalam keseluruhan video berdurasi 9 menit 39 detik tersebut tidak tersirat seperti apa yang diklaim pada judul. 

Video tersebut hanya berisi cuplikan-cuplikan sejumlah video yang salah satunya merupakan pernyataan Presiden Jokowi yang akan menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga negara Indonesia.

Maka dapat disimpulkan jika informasi dalam video yang beredar tersebut adalah hoaks atau tidak benar. Faktanya pernyataan Presiden Jokowi yang akan menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga negara Indonesia.

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42626/disinformasi-bukti-cina-akan-kuasai-indonesia-terungkap-warga-morowali-diusir-paksa/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar